Irjen Pol Agung Budi Maryoto Tegaskan Netralitas Polri dan TNI Pilkada Jawa Barat

BANDUNG, kabar1.com – Guna menjaga kondusifitas jelang perhelatan pesta demokrasi Jawa Barat 2018 mendatang. Petugas gabungan dari TNI-Polri beserta instansi terkait lainnya langsung menggelar patroli ke seluruh wilayah Jawa Barat, hingga di tempat pemungutan suara (TPS).

Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Agung Budi Maryoto menyatakan, jajaran Polda Jawa Barat bersama Kodam III/Siliwangi siap mengamankan dan mengawal perhelatan pesta demokrasi Jawa Barat 2018. Total pasukan yang dikerahkan meliputi Dua pertiga kekuatan atau sekitar 16.500 personil di jajarann Polda Jawa Barat akan dikerahkan, dan di back up 3000 personik dari Kodam III/Siliwangi.

Baca juga :  Organisasi Sekar TM Gelar Bakti Sosial Santunan Kaum Dhuafa

“Kita lakukan patroli gabungan, Kodam dan Polda diseluruh kab/kota, di desa-desa. Ini untuk meyakinkan bahwa Kodam III dan Polda Jawa Barat siap melaksanakan pengamanan Pilkada,” ungkap Agung kepada awak media di Ruang Riung Mungpulung Mapolda Jawa Barat, Senin (25/6/2018).

Baca juga :  Hore... Libur Nasional, Buruh Bisa Nyoblos

Pada kesempatan itu Kapolda Jawa Barat kembali menegaskan netralitas Polri dan TNI dalam Pilkada Serentak Jawa Barat. Dikatakan, pihaknya akan menindak tegas anggota yang terbukti tidak netral, pada Pilkada.

“Alhamdullilah hingga saat ini diwilayah hukum Polda Jawa Barat, Kodam III/Siliwangi, tidak laporan dari masyarakat, LSM, Bawaslu yang anggotanya tidak netral,” ujar Agung.

Baca juga :  Pipa Distribusi Alami Kebocoran, Teknisi Perumdam Kerja Keras

Sementara itu Pangdam III/Siliwangi Mayjen Harto Karyawan juga menegaskan masalah netralitas anggotanya di Pilkada Jabar 2018.

“Masalah netralitas itu sudah final. Apabila terjadi pelanggaran, tidak akan sungkan untuk memberikan tindakan yang tegas sesuai dengan aturan dan prosedur yang berlaku,” tegas pangdam.ABY