Ini Rupanya ‘Rahasia’ Kenapa Biskuit Bolong di Tengah

BOGOR, kabar1.com – Mungkin bagi banyak orang, ‘bolong’ pada biskuit tidak terlalu penting. Namun, tahu kah anda, jika kue kering yang dibuat dengan adonan tepung dan telur ini memiliki ‘misteri’-nya sendiri.

Yakni pada permukaan, biskuit memiliki banyak lubang. Jumlahnyanya bervariasi, dengan pola yang berbeda-beda. Lantas, apa tujuan adanya lubang-lubang tersebut? Sekadar hiasan, atau adakah fungsi lain yang dimiliki?

Baca juga :  Positif Covid-19 di Kab Bogor Bertambah, Pasien Dirujuk ke RS Wisma Atlit

Dikutip dari Curiosity, lubang-lubang pada badan biskuit ini memiliki fungsi yang sangat penting untuk membuat adonan sempurna membentuk biskuit yang ideal. Lubang-lubang ini dapat mempertahankan bentuk adonan ketika memasuki proses pemanggangan.

Baca juga :  Muspika Bojonggede Lakukan Pencegahan Penyebaran Covid-19

Ketika air, tepung terigu, ragi, baking sodadan beberapa bahan lainnya diaduk menjadi satu, adonan akan melepas karbon dioksida, dan air akan dalam adonan akan menguap. Bila biskuit tidak memiliki lubang-lubang pada bagian badan, “lepasan” ini akan membuat adonan mengembang dan merusak bentuk biskuit.

Baca juga :  Forkominda Kabupaten Bogor Bahas Langkah Strategis Tanggulangi Virus Covid-19

Dengan jumlah lubang yang tepat, proses pelepasan akan berjalan dengan optimal, dan biskuit yang renyah pun dapat tercipta dengan baik.

Beberapa sumber menambahkan bahwa lubang-lubang tersebut memiliki fungsi lain. Lubang-lubang ini mencegah jari untuk tergelincir saat memegang biskuit yang memiliki permukaan rata tersebut.FUZ*






Pos terkait