Ini Cara Rekruitmen Panwascam Pilkada 2020 Oleh Bawaslu Banten

BANTEN, kabar1.com -bJelang perhelatan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2020 di empat daerah di Banten, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) bersiap untuk mulai pembentukan Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam).

Ketua Bawaslu Banten Didih M Sudi, mengatakan sejumlah persiapan yang sedang dilaksanakan diantaranya rekruitmen sumber daya manusia (SDM).

Muat Lebih

“November, tanggalnya belum ada. Minggu sampai Selasa ini sedang ada rakor SDM Bawaslu RI. Mudah-mudahan dibahas,” kata Didih, Senin (28/10).

Didih menjelaskan, rekrutmen akan dilakukan sebelum tahapan pilkada dimulai. Hal itu dilakukan agar semua tahapan pesta demokrasi lima tahunan itu bisa diawasi sehingga terlaksana sesuai aturan yang berlaku.

“Kalau tidak salah agenda terdekat ada pengumpulan dukungan calon perseorangan. Saat verifikasi dukungan calon perseorangan dipastikan Panwascam sudah terbentuk,” katanya.

Dipaparkan Didih, untuk menghasilan Panwascam yang benar-benar berintegritas dan independen, seleksi kali ini nantinya akan dilakukan secara online.

“Untuk mendapatkan pengawas yang independen dan objektif dalam perekrutannya, Bawaslu menggunakan sistem aplikasi bernama SIPEKA. Ke depannya juga disiapkan untuk rekrutmen Bawaslu provinsi dan kabupaten/kota,” ungkapnya.

Lebih lanjut, kata Didih, untuk tes tertulis misalnya akan menggunakan format ala rekrutmen calon aparatur sipil negara (CASN).

“Tesnya juga berbasis komputer. Ada rencana tes pakai CAT berbasis web. Tetapi itu masih menunggu juknis (petunjuk teknis) resminya. Untuk syarat jadi panwascam masih sama, misalnya minimal berusia 25 tahun,” tuturnya.

“Adapun jumlah panwascam yang akan ditetapkan nantinya berjumlah tiga orang per kecamatan,” tambahnya.

Untuk diketahui, Banten akan menggelar Pilkada 2020 secara serentak di empat wilayah, diantaranya itu adalah Kabupaten Serang, Kabupaten Pandeglang, Kota Cilegon dan Kota Tangerang Selatan.(SAT/*)