BOGOR – Pemerintah telah menyediakan dana sebesar Rp 3,5 triliun. Dana tersebut disiapkan pemerintah bagi pelanggan listrik tidak mampu sebagai perlindungan sosial di tengah mewabahnya covid-19.

PT PLN (Persero) sendiri telah membuat cara mendapatkan listrik gratis untuk pelanggan prabayar golongan 450 VA (Volt Ampere) dan golongan subsidi 900 VA.

Dikutip tribunnews.com, ada dua cara untuk mendapatkan token gratis. Yang pertama yakni melalui situs PLN yakni situs official PLN.

Kedua melalui WhatsApp di nomor 08122-123-123. Para pelanggan hanya perlu mengirimkan ID Pelanggan melalui dua jalur tersebut.

Untuk mendapatkan token gratis, berikut ini caranya :

– Melalui Website

1. Masuk ke laman situs milik PLN.r

2. Klip menu Pelanggan dan langsung pilih Stimulus Covid-19

3. Masukkan ID Pelanggan/Nomor Meter

4. Token Gratis akan ditampilkan di layar

5. Masukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan

Melalui WhatsApp

1. Chat WhatsApp ke 08122-123-123 , ikuti petunjuk, salah salah satunya masukkan ID Pelanggan.

2. Setelah itu, token gratis akan muncul

3. Masukkan Token Gratis tersebut ke meteran sesuai ID Pelanggan

Sebelumnya diberitakan, Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM menjelaskan bahwa keringanan tagihan listrik bagi pelanggan 450 VA yang regular atau pascabayar akan digratiskan biaya pemakaian dan biaya beban.

“Untuk golongan 450 VA yang regular (pascabayar) atau pakai dulu baru bayar, berapun pakainya ya gratis, tidak bayar apa-apa,” kata Rida.

Selain itu, untuk mengantisipasi pemakaian konsumen regular yang melebihi batas, Kementerian ESDM dan Perusahaan Listrik Negara (PLN) sudah memiliki database penggunaan masing-masing konsumen. “Nantinya bakal jepret juga skeringnya kalau melebihi batas,” lanjutnya.

Khusus prabayar 450 VA, pemerintah akan memberikan token gratis setiap bulan sebesar pemakaian tertinggi dari tiga bulan terakhir.

“Masing-masing pelanggan pemakaian listriknya kan beda-beda, kami sudah punya profil pelanggan, serta angka maksimum dari pemakaian tiga bulan terakhir, yang kita berikan selama tiga bulan ke depan,” ujar Rida.

Selanjutnya untuk konsumen 900 VA prabayar, setiap bulannya akan diberikan token listrik gratis sebesar 50% dikalikan pemakaian bulan tertinggi dari tiga bulan terakhir. “Sama seperti 450 VA, hanya saja tidak gratis tetapi bayarnya hanya 50%,” jelas Rida.

Selama tiga bulan ke depan, mulai bulan April hingga Juli, kedua pelanggan 450 VA dan sebagian 900 VA akan mengikuti mekanisme tersebut. */FUZ

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like

Segera, Pemkab Bogor Pesan 1,5 Juta Masker dan APD Bagi Tenaga Medis

BOGOR – Pemerintah Kabupaten Bogor (Pemkab Bogor)  dalam waktu dekat akan memesan…

Bayi 3 Bulan di Cibinong Positif Corona, Jubir Gugus Tugas Covid-19 : Kita Akan Rapid Tes Semua Keluarganya

BOGOR – Juru bicara Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Bogor, Syarifah Sopiah, menegaskan…

Sindir Pemkab Sukabumi, Warga Jampang Tengah Bikin Jalan Sendiri

SUKABUMI, www.kabar1.com – Kecewa dengan Pemerintah Kabupaten Sukabumi, warga Kecamatan Jampang Tengah, memperbaiki jalan…

Zona Merah Covid-19 Bertambah di Kabupaten Bogor

BOGOR – Kecamatan Ciomas, menjadi daerah baru penyebaran virus corona atau Covid-19…