Hari Pertama Puasa, Polres Bogor Musnahkan Ribuan Miras

BOGOR, kabar1.com – Ribuan botol minuman keras (miras) beralkohol, oplosan dan petasan dimusnahkan satuan Kepolisian Resor (Polres) Bogor, di Halaman Aula Divia Cita Polres Bogor, di hari pertama puasa, Kamis (17/5/2018).

Kapolres Bogor, AKBP Andy Moch Dicky menjelaskan, ribuan botol miras dan petasan tersebut merupakan hasil daripada operasi gabungan yang dilaksanakan dengan Musyawarah Pimpinan Daerah (Muspida) mulai dari TNI, Satpol PP dan masyarakat pada Bulan April 2018.

Baca juga :  Pelantikan 2 PJS Kades Di Sukajaya, Dimata Aktivis Sarat Kejanggalan

Dalam operasi tersebut, kata Dicky, sebanyak 31. 456 botol berisikan minuman beralkohol dan oplosan berbagai merk, 831 botol miras import oplosan dengan berbagai merk, 13.210 plastik minuman oplosan jenis ciu serta 25.360 butir petasan berhasil diamankan.

“Pemusnahan ini sebagai simbol penolakan masyarakat Bogor terhadap peredaran minuman keras maupun petasan,” kata Dicky kepada wartawan, usai pemusnahan, kemarin.

Menurut Dicky, pemberantasan penyakit masyarakat (pekat) ini merupakan tugas bersama, bukan hanya kewajiban aparat saja. “Jika masyarakat menemukan permasalahan pekat ini, silahkan laporkan kepada aparat setempat. Dan saya himbau, jangan sampai melakukan aksi sweeping sendiri tanpa izin,” tegasnya.

Baca juga :  Menag Kecam Penembakan di New Zealand: Tak Berperikemanusiaan!

Pemusnahan kedua barang tersebut dilaksanakan dengan dua cara. Untuk miras, pemusnahan dilakukan dengan cara dilindas menggunakan stum (kendaraan berat). Sedangkan petasan dimusnahkan dengan cara disiram air.

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Bogor, Mukri Aji mengimbau semua lapisan masyarakat mulai dari ulama, tokoh agama dan tokoh masyarakat untuk mempersatukan barisan memerangi penyakit masyarakat ini.

Baca juga :  Kasus Penipuan Catut Nama Dansektor, Kini Masuk Proses Penyelidikan Kepolisian

Menurutnya, hal ini akan sangat menjadi boomerang bagi Kabupaten Bogor apabila didiamkan dan dibiarkan. “Kami meminta semua lapisan mendukung aparat dalam memberantas penyakit masyarakat seperti peredaran miras, narkoba, bahkan Petasan yang dapat mengganggu Jalannya Ibadah di Bulan Ramadan ini,” tandas Mukri. FUZ