Harga APD Naik, Pemkab Bogor Tambah Anggaran Hingga Rp200 Miliar

Harga APD Naik, Pemkab Bogor Tambah Anggaran Hingga Rp200 Miliar 106

BOGOR – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor menambah jumlah anggaran untuk penanganan virus corona atau Covid-19. Penambahan tersebut dilakukan setelah Pemkab melaksanakan rapat pembahasan anggaran bersama dengan DPRD.

Hal ini diungkapkan, Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Bogor, Didi Kurnia mengatakan, saat ini Pemkab Bogor bersama dengan DPRD tengah membahas pergeseran beberapa anggaran untuk penanganan virus corona di APBD 2020.

“Penambahan anggaran ini bukan karena masyarakat terdampak lebih banyak, tetapi juga karena ada kenaikan harga APD untuk tenaga medis,” jelas Didi, belum lama ini.

Sekedar diketahui, sebelumnya, Pemkab Bogor memiliki anggaran sebesar Rp80 miliar untuk penanganan virus ini. Namun, anggaran tersebut dirasa kurang lantaran kebutuhan dan kondisi yang kian hari memprihatinkan.

“Anggaran Rp80 miliar itu tidak cukup, kita minta Pemkab untuk segera mengajukan anggaran kepada kami. Dan kita tingkatkan hingga Rp200 miliar,” jelas Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Rudy Susmanto kepada wartawan.

Menurut Rudy, anggaran sebesar itu bisa digunakan untuk membangun rumah sakit darurat virus corona di Gedung BPSDM Kemendagri, Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor.

“Untuk pembangunan atau mengubah Gedung BPSDM sebagai rumah sakit darurat, perkiraan anggaran sekitar Rp22,4 miliar. Lalu lebih anggarannya, itu untuk membeli APD, obat-obatan, alat tes virus corona dan lainnya,” jelas Rudy.

Disamping itu, ia juga mengaku mengusulkan Pemkab Bogor untuk mengajukan segera pembangunan rumah sakit darurat di Gedung Pelindo di kawasan Puncak. Sebagai antisipasi jika ruang isolasi penuh.

“Pemkab bisa komunikasi dengan Kementerian BUMN untuk rumah sakit darurat di puncak. Nanti anggarannya kita siapkan lagi. Termasuk kebutuhan untuk tenaga relawan,” jelas Politisi Gerindra itu. FUZ

READ  Pandemi Covid-19 : Kisah Sang Dokter Sebagai Garda Terdepan Melawan Virus Corona
tutup

Ad Blocker Detected!

Refresh