Gunung Tampomas Ditanami Ribuan Pohon

Gunung Tampomas Ditanami Ribuan Pohon 97

SUMEDANG – Forum Koordinasi Pimpinan Kabupaten Sumedang, melakukan kegiatan penanaman pohon di kawasan Gunung Tampomas, tepatnya di Wana Wisata Cipadayungan, Desa Padasari, Kecamatan Cimalaka.

Kegiatan bertajuk ‘Peduli Tampomas Dalam Rangka Memulihkan Lahan Demi Masa Depan’ tersebut, dibuka Waka Polres Sumedang Kompol Erwin Syah, SIK.

Camat Cimalaka, Asep Aan Dahlan mengatakan, kegiatan tersebut sebagai implementasi dari arahan dan kebijakan Presiden RI dan Panglima TNI, Kapolri.

Hal itu, tentang dukungan penghijauan yang diakselerasi oleh Forkopimda Kab. Sumedang (Bupati, Kapolres dan Dandim 0610 Sumedang).

“Maksud dan tujuan pada pelaksanaan kegiatan ini untuk memulihkan sejumlah titik lahan kritis yang ada di wilayah Kec. Cimalaka,” kata Asep.

Kemudian, untuk mengajak warga dan memprakasai gerakan penghijauan atau reboisasi khususnya di wilayah Kec. Cimalaka.

“Ini, guna menjaga stabilitas sumber mata air di sekitar kawasan Gunung Tampomas yang mana di wilayah Kec. Cimalaka hampir sebagian besar rumah warganya masih bergantung pada pasokan air dari kaki Gunung Tampomas,” ujarnya.

Bahkan, untuk menjaga wilayah sekitar Gunung Tampomas khususnya Kec. Cimalaka agar tetap asri dan terhindar dari bencana alam baik musibah bencana banjir maupun tanah longsor.

“Selanjutnya program ini sebagai langkah awal dalam rangka memulihkan kembali lahan atau penghijauan di wilayah Kec. Cimalaka,” ujarnya.

Untuk luas keseluruhan di Wana Wisata Cipadayungan saat ini dilakukan penghijauan seluas kurang lebih 2 hektare dengan total tanaman yg ditanam sebanyak 2000 bibit tanaman.

“Jenis tanaman yang ditanma yakni
Pinus, pete, durian, nangka, dan muncang. Ada pun kedepan rencananya kegiatan serupa akan terus tetap dilakukan disejumlah titik yang dinilai perlu untuk dilakukan reboisasi/penghijauan,” tuturnya.

Lahan yang telah ditanam akan dilakukan perawatan dan pemeliharaan yang melibatkan warga.

Terpantau, kegiatan dihadiri Bupati Sumedang diwakili Dinas LHK Kab. Sumedang, Wakil Ketua DPRD Kab. Sumedang Titus Diah, Dandim 0610 Sumedang yang diwakili Kapten Inf. Syamsudin Latukau, Danyonif Raider 301/PKS, Administratur Perum Perhutani KPH Sumedang, Para Kepala UPTD di wilayah Kec. Cimalaka, Para Kepala Desa se- Kec. Cimalaka, Perwakilan Kepala Sekolah SD, SMP dan SMA/SMK di Kec. Cimalaka, Ketua APDESI Cimalaka,LMDH Padasari, Kosasih, perwakilan para pengusaha di wilayah Kec. Cimalaka, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, dan peserta gerakan peduli Tampomas merupakan gabungan Unsur TNI Polri, Polhut, Satpol PP Cimalaka, Apdesi, Karang Taruna, Perwakilan Ormas/LSM, Dharma Wanita, TP-PKK Kec/Desa, Bhayangkari Ranting Polsek Cimalaka, Persit Candra Kirana, Anggota LMDH, perwakilan siswa/i sekolah, warga sekura 700 orang. (Giw)***


Hosting Unlimited Indonesia

Hosting Unlimited Indonesia

Indonesia

Positif
70,736
+0 (24 Jam)
Meninggal
3,417
+0 (24 Jam)
Sembuh
32,651
46.16%
Reaktif
34,668
49.01%