sumber kaskus.co.id

BOGOR, kabar1.com – Gunung. Mendengar kata itu, siapapun pasti langsung membayangkan ketinggian, kabut, udara sejuk dan keindahan. Namun berbeda dengan Gunung yang satu ini.

Dilansir dari kaskus.co.id, Gunung yang terletak di Shouguang, di Provinsi Shandong, China ini tingginya hanya 60 cm aja dan di nobatkan sebagai gunung terpendek di dunia. Buat mendaki gunung ini, hanya butuh satu langkah saja.

Menurut sumber yang di rilis china.org, gunung Jingshan memiliki ketinggian total 48 meter dengan sebagian besar “badannya” tertimbun tanah. Sementara ujungnya yang menonjol ke permukaan tanah hanya memiliki dimensi tinggi 60 cm, lebar 70 cm dan panjang 124 cm.

Baca juga  Dukung Kota Mandiri SGC Launching Shuttle Trans Sentul City
sumber kaskus.co.id

Karena bentuknya yang pendek dan kecil, gunung ini lebih cocok di sebut sebongkah batu saja di banding di sebut gunung. Namun menurut sejarah dan cerita yang berkembang di sana, batu yang tampak tersebut hanyalah ujung dari gunung yang sesungguhnya.

Baca juga  Sepasang Panda Raksasa

Jadi ada gunung yang lebih besar lagi di bawahnya yang tertutup tanah. Lalu, segede apa sih gunungnya? Sayangnya, karena statusnya yang di lindungi oleh pemerintah, sehingga tak boleh sembarang orang menggali dan meneliti gunung ini.

Konon, di era pemerintahan Mao Zedong sudah ada seseorang yang berusaha menggali tanah di sekitar “gunung” ini untuk membuktikan kebenaran tentang dalamnya gunung tersebut.

Namun setelah melakukan penggalian beberapa meter dan tak menemukan pangkalnya, mereka menyerah. Upaya ini dilakukan kembali pada tahun 1958 seseorang. Saat itu seseorang kembali berusaha menggali “gunung” tersebut dan lagi – lagi tak menemukan pangkalnya.

Baca juga  Dewan Cium Indikasi Kepentingan di Hotel Sayaga

Sejak saat itulah gundukan batu ini di sebut sebagai gunung Jingshan. Namun meski hanya berupa bongkahan batu, gunung ini cukup menarik perhatian dan menjadi daya tarik wisatawan sehingga selain melarang penggalian, pemerintah juga melarang pendirian bangunan di sekitar “gunung” tersebut.FUZ*