Gara-Gara Demo Warga Parung Panjang, Pemprov Jabar Kucurkan Rp50 Miliar

  • Whatsapp

BOGOR, kabar1.com – Aksi penutupan jalan oleh warga Parung Panjang sebagai bentuk protes terhadap lalu lalang kendaraan bertonase, akhirnya disikapi serius jajaran Musyawarah Pimpinan Daerah (Muspida) Kabupaten Bogor dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Melalui rapat yang digelar pada Selasa (26/12) pukul 13.30 WIB di Pendopo Bupati Bogor, baik Pemkab maupun Pemprov berjanji segera menanggulangi permasalahan yang selama ini terjadi di kawasan perbatasan tersebut.

Bacaan Lainnya

Bahkan, Pemkab Bogor sendiri berjanji akan menganggarkan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2018 mendatang untuk perbaikan jalan akan dilaksanakan sepanjang 28 kilometer dari wilayah DesaBunar hingga Desa Parung Panjang.

Tak hanya itu, Dinas PUPR Provinsi Jabar juga akan menganggarkan dana sebesar Rp50 Miliar untuk perbaikan jalan sepanjang 10 kilometer, berikut perombakan pada Jalan Parung Panjang dari semula lebar 6 meter akan ditambah jadi 7 meter.

“Keberadaan truk tronton saat ini belum diperbolehkan jalan sehingga perlu mengambil langkah percepatan penanganan dan mengingat kewenangan izin untuk jalan dan lokasi tambang ada di Provinsi Jabar maka kami persilahkan untuk mendorong permasalahan kepada Gubernur Jabar,” kata Sekda Kabupaten Bogor, Adang Suptandar dalam rapat.

Lebih lanjut, Sekda juga mengatakan, untuk menanggulangi permasalahan yang selama ini dikeluhkan warga, tahun 2018, Pemkab Bogor akan menganggarkan dana APBD untuk jalan di wilayah Parung Panjang. “Kami juga akan mengundang pihak perusahaan untuk menyikapi permasalahan di Parung Panjang,” paparnya.

Diketahui sebelumnya, aksi pemblokiran jalan yang dilakukan warga Parung Panjang, Kabupaten Bogor, Senin (25/12), merupakan klimaks dari kekesalan warga selama ini. Amarah warga akan kerusakan jalam akibat kendaraan bertonase itu dapat dilihat dari animo warga yang ikut turun ke jalan.FUZ

Hosting Unlimited Indonesia
Hosting Unlimited Indonesia