Ecovillage Makmur Dan Mahasiswa UPI Bersihkan Eceng Gondok Yang Resahkan Warga

CANGKORAH, kabar1.com – Tanaman eceng gondok mulai menutupi sebagian Sungai Citarum yang berada di Desa cangkorah Kecamatan Batujajar, Kabupaten Bandung Barat. Sejumlah masyarakat yang memanfaatkan Sungai tersebut mulai mengeluhkan makin meluasnya tanaman gulma air tersebut.

 

“Pertumbuhan Eceng Gondok ini sudah mulai menutupi sebagian Sungai, dan penyebaran sangat cepat,” kata Fitri Selaku ketua Ecovillage Makmur Bersama Desa cangkorah Kecamatan Batujajar Kabupaten Bandung Barat-Jawa Barat, Rabu, 18 Juli 2018.

Baca juga :  Tiga Kendaraan Tabrakan di Cijeruk

 

Hal itu dikatakan Fitri disela-sela kegiatan pembersihan eceng gondok, dengan mahasiswa KKN UPI,masyrakat dan Satgas Citarum Harum Sektor IX di Desa Cangkorah, Kabupaten Bandung Barat.

 

Ia pun berharap instansi teknis terkait segera melakukan pencegahan agar tanaman tersebut tidak menyebar luas,dan memberikan bantuan peralatan yang maksimal untuk membersihkan penyebaran eceng gondok ini,krena selama ini hanya bermodal tangan dan garuk kecil untuk mengangkat eceng gondok dari sungai.

Baca juga :  Dansektor 22 : Sudah 18 Pelaku Dikenakan Sanksi Sosial

 

“Kami sangat berharap ini menjadi perhatian dari pemerintah daerah, sehingga tidak meluas,” katanya.

 

Sementara itu Farhan mahasiswa yang sedang KKN dari UPI meminta keterlibatan masyarakat untuk melakukan pembersihan.

 

“Masyarakat juga kalau menurut saya harus terlibat untuk membersihkan, apalagi yang memanfaatkan Sungai tersebut,” katanya.

Baca juga :  Ular Piton Bikin Macet Jalan Raya Ciawi

 

Sementara itu menurut Mahasiswa KKN UPI menyoroti nya, Sungai Citarum adalah salah satu wadah penampung air alami.

 

“Kenapa sampai eceng gondok berkembang di Sungai ini, perlu di telusuri. Yang pasti, salah satu penyebab utama adalah adanya kegiatan yang dapat menyuplai unsur hara yang menyebabkan tanaman ini berkembang,” jelasnya. ACP






Pos terkait