Ads Ied Fitr

DPRD Setujui Rislah Lahan Sekolah

0 7

BOGOR, kabar1.com – Penutupan akhir tahun kinerja DPRD Kabupaten Bogor berhasil dengan pembuatan dua rancangan peraturan daerah (raperda) diantaranya yakni raperda tukar guling tanah atau rislah antara SDN Batujajar 01 dan SDN Batujajar 03 dengan PT Batu Multindo Perkasa dan perubahan raperda 29 Tahun 2011 tentang retribusi pelayanan tera ulang agar menghasilkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Bogor.

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Ade Yasin mengungkapkan, kedua raperda itu telah disetujui oleh DPRD Kabupaten Bogor. Sementara revisi raperda lainnya seperti raperda pajak  belum dapat disetujui karena masih memerlukan pembahasan.

“Sudah disepakati bersama Pansus, Perda ini kita tuntaskan. Sebab, kita dahulukan yang prioritas terutama untuk sekolah tersebut memang sering terganggu akibat kendaraan alat berat milik perusahaan. Sehingga dengan penyediaan tukar guling tanah ini dapat membantu pihak sekolah agar dibangun sekolah yang lebih layak nantinya sesuai dengan perjanjian bersama pihak perusahaan tersebut,” ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor, Adang Suptandar mengapresiasi persetujuan pembuatan dua raperda tersebut. Sebab, menurutnya, untuk SDN Batujajar 01 dan SDN Batujajar 03 sudah tidak layak digunakan. Oleh karena itu, pihaknya juga tengah mempersiapkan pembangunan sekolah agar lebih nyaman bagi para pelajar.

“Sekolah tersebut tidak memiliki fasilitas penunjang dan sering kali terganggu dengan aktivitas pertambangan. Dengan adanya perubahan perda tukar guling ini, nantinya kita bisa membangun sekolah diatas lahan yang telah disediakan. Ini bahkan sudah menjadi prioritas kami, sama halnya dengan raperda retribusi tera ulang agar nantinya tidak ada pembeli yang mengalami kerugian, sehingga diterapkan tera ulang dan diwajibkan membayar retribusi. Nantinya hasil retribusi akan menghasilkan PAD tersendiri,” ungkapnya.

Sementara Ketua Pansus, Iwan Setiawan membeberkan, dalam raperda juga telah dicantumkan bahwa untuk tahapan tukar guling sekolah serta wacana pembangunan tersebut. Bahkan, telah disiapkan anggaran Rp1 miliar untuk pembangunan sekolah  yang masuk dalam perjanjian dengan  PT Batu Multindo Perkasa. FUZ

Komentar
Loading...