Diterjang Gelombang Pasang, Puluhan Perahu Nelayan Dan Warung Di Pantai Bayah Hingga Cihara Rusak 

  • Whatsapp

LEBAK, kabar1.com- Puluhan perahu milik nelayan di pantai Bayah, kecamatan Bayah Kabupaten Lebak rusak dan tenggelam akibat diterjang gelombang pasang yang terjadi Selasa (24/7/2018).

Selain merusak perahun nelayan, terjangan gelombang pasang setinggi 7 meter juga memporak-porandakan warung milik warga yang berada di pesisir pantai Karang Tengah, Pulomanuk, Desa Darmasari.

Bacaan Lainnya

Inpormasi yang dihimpun, gelombang pasang terjadi pada Selasa (24/7/2018) sore dan pagi tadi sekira pukul 08.00 WIB. Gelombang ombak dengan tinggi mencapai sekira Tujuh meteran itu memporak-porandakan perahu nelayan yang disandarkan di pantai Bayah dan warung-warung di sekitar pantai di Cihara.

“Gelombang pasang paling parah terjadi menjelang malam hari, banyak perahun nelayan yang rusak dan hanyut,” kata Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) kecamatan Bayah, Latief WImboaji kepada kabar1.com Rabu (25/7/2018).

Pihaknya, hingga saat ini masih terus melakukan pendataan perahu milik nelayan yang terkena dampak gelombang pasang.

Dia membeber, kebanyakan perahu yang rusak jenis kincang, karena benturan antar perahu akibat diombang-ambing ombak.

“Setelah kita data, hasilnya kita akan laporkan kepada para pihak terkait untuk ditindaklanjuti,” ucapnya.

Pantauan kabar1.com hingga Rabu (25/7/2018) pukul 07.00 WIB, gelombang pasang masih terjadi di perairan Bayah.

Sebelumnya, seperti dilansir dari Tempo.co, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan tinggi gelombang di perairan selatan Banten berpeluang 4,0 sampai 6,0 meter, sehingga membahayakan aktivitas nelayan dengan perahu berukuran kecil.

“Cuaca buruk itu berlangsung hingga 26 Juli mendatang,” kata Kepala BMKG Serang Sugarin dalam rilisnya di Lebak, Senin, 23 Juli 2018.

Gelombang tinggi juga terjadi di Perairan Bengkulu hingga barat Lampung, perairan selatan Banten hingga Jawa Timur, perairan selatan Kalimantan, Laut Jawa bagian tengah dan barat. NAS

Hosting Unlimited Indonesia
Hosting Unlimited Indonesia