Disdukcapil Kab Cianjur Genjot Kesadaran Warga

CIANJUR, kabar1.com – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Cianjur terus menggenjot kesadaran warga dalam mengurus administrasi kependudukan. Hal itu dilakukan jugauntuk menghadapi momentum pemilihan gubernur, legislatif, dan presiden.

Dalam meningkatkan kesadaran itu, Disdukcapil menggelar Gerakan Indonesia Sasdar Admindul (GISA), dengan target empathal, yakni kesadaran pentingnya dokumen kependudukan, pentingnnya pemanfaatan data kependudukan, pentingnya pemutahiran data kependudukan,dapentingnya pelayana administrasi kependudukan yang membahagiaan rayat.

“Sebenarnya GISA ini jadi program nasional, tapi Cianjur juga berusaha untuk menyukseskannya dengan turut menyelenggarakan di tingkat daerah demi memaksimalkan kesadaran adminduk di Kota Santri ini,” ujar Kepala Disdukcapil Kabupaten Cianjur, Moch Ginanjar¬†usai penyelenggaraan GISA di Gedung Assakinah.

Baca juga :  300 Ton Ikan Mati di Japung

Menurutnya, di Cianjur saat ini tercatat tersisa 22 ribu penduduk lagi yang belum melakukan perekaman da pencetakan administrasi kependudukan. Namun pihaknya berupaya untuk membuat warga tersebut sadar untuk segera mengurus administrasi kependudukan.

“Targetnya tentu secepatnya sudah selesai yang 22 ribu penduduk itu. Apalagi dalam waktu dekat sudah masuk pemilihan gubernur, termasuk persiapan menuju Pileg dan Pilpres. Sebab data kependuduan jadi penting nantinya,” kata dia.

Baca juga :  Sidak Proyek Obyek Wisata Saat Pandemi Covid-19, Camat Minta Patuh Aturan

Dia menuturkan, untuk menyukseskan dan melakukan percepatan, pihaknya melibatkan seluruh unsur, mulai dari tatanan pemerintahan di tingkat kabupaten hingga desa. Nantinya mereka yang bakal turut melakukan sosialisasi.

“Saat acara GISA kan dihadiri juga oleh perwakilan dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Camat, hingga kepadadesa. Nantinya mereka yang turut menyosialisasikan, kami harap denga gerakan ini bisa maksimal mengejar target,” kata dia.

Baca juga :  Pandemi Covid-19, Anggota DPD RI Ini Himbau Warga Banten Ikut Berperan Aktif

Di sisi lain, Ginanjar menjelaskan, jika keseriusan Disdukcpail dalammempercepat pelayana adminduk ialah dengan tetap melakukan pelayanan seara maksimal. Bahkan meskipun dalam kegiatan GISA bayak petugas da operator yang diturunkan, tetapi pelayana di kantor pun tetap berjalan.

Bahkan dia menargetkan selain perekaman, pencetakan e-KTP yang datanya sudah tunggalterus digenjot untuk menekan jumlah antrean pencetakan.DIE