Home / Potensi Wilayah

Jumat, 10 Agustus 2018 - 10:46 WIB

Dinas LH KBB Gandeng Satgas Citarum Harum Sidak Limbah Pabrik

BANDUNG BARAT | Kabar1.com -Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bandung Barat melakukan inspeksi mendadak (Sidak) dan Satgas Citarum Harum terhadap Tiga perusahaan industri di KBB yang diduga membuang limbah nya ke Citarum.

Seperti diketahui, ada delapan perusahaan di KBB yang telah menandatangani Fakta integritas untuk memperbaiki pengolahan limbah nya dalam masa 3-4 bulan. Delapan perusahaan tersebut adalah, PT Senayan Sandang Makmur, PT Sinar Baskara Sejati, PT Hero Sekawan, PT Kencana Fajar Mulia, PT Central Texindo, PT Victory Pan Multitex, PT CGNP Mills, dan PT Daya Mekar Tekstindo.

Sementara sidak tersebut dilakukan untuk menindaklanjuti kesepakatan bahwa kedelapan perusahaan tersebut akan memperbaiki pengolahan limbah. Menurut Kasie Pengolahan B3 Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bandung Barat Nurjaman mengatakan, bahwa hasil pantauan petugasnya akan segera dilaporkan ke tim provinsi.

Baca juga :  Polsek Cugenang dan Warga Cibeureum Urunan Bantu Apipudin

Namun demikian,Nurjaman menegaskan jika dari hasil laboratorium menunjukkan masih ada limbah yang di atas baku mutu, perusahaan tersebut akan dikenai sanksi lanjutan, berupa paksaan dari pemerintah.

“Jika ada perusahaan yang terbukti buang limbah B3, bisa saja nanti berlanjut ke pengadilan dan ditutup,” tegas Nurjaman

Adapun pada Kamis (09/08), Tiga perusahaan yakni PT Brother Warna Cemerlang Textindo , PT.Senayan Sandang Makmur dan PT.Sinar Baskara Sejati di Batujajar Kabupaten Bandung Barat menjadi target petugas dari DLH KBB dan Satgas Citarum Harum Sektor IX, Media dan tim Laboratorium Lingkungan Hidup Kabupaten Bandung Barat, untuk diambil sampel limbah nya pada outlet dan outpool untuk kemudian diperiksa di laboratorium.

Baca juga :  Viralkan, Ini Surat Staf Desa untuk Presiden Jokowi

Kasie Penegakan Hukum di DLH KBB, Reky mengatakan, untuk mengetahui hasil sidak secara lebih akurat seluruh contoh air yang diambil selama sidak dari outlet atau titik penataan dilakukan pengujian di laboratrium yang terakreditasi.

Sementara Dansub Sektor 2 Citarum Harum sektor IX Kapten Inf.Nasrul, dirinya meminta agar perusahaan mematuhi aturan yang sudah ditetapkan dengan membuat Instalasi Pembuangan Air Limbah yang baik dan dioptimalkan yang baik juga. Dirinya menegaskan akan menindak semua perusahaan yang masih melakukan pelanggaran sebagai upaya normalisasi Citarum.

Baca juga :  Lemah Duhur Jadi Desa Mitra Polbangtan Bogor

Berdasarkan pantauan wartawan,di PT.Senayan Sandang Makmur pemeriksaan selain limbah nya juga dilakukan pada Cerobong asap nya sedangkan untuk PT.Sinar Baskara Sejati Batujajar KBB,meskipun kadar PH menunjukan progres dengan angka tujuh yang berarti masih dalam batas wajar.Namun tetap kondisi limbah perusahaan tersebut masih agak keruh. ACP

Hosting Unlimited Indonesia
Hosting Unlimited Indonesia

Share :

BERITA TERKAIT

Bupati Bogor Hadiri Panen Raya di Kecamatan Tanjungsari

Potensi Wilayah

Bupati Bogor Hadiri Panen Raya di Kecamatan Tanjungsari

Potensi Wilayah

Usaha Pertambangan di Kabupaten Bogor Kembali Disorot

Potensi Wilayah

ASW Hadir di Ponpes Al-Intiqol

Pemerintahan

Imbas Perusahan Dirikan Pabrik Pantai Salira Sepi Pengunjung