Dansektor 21 Siap Bantu Perusahaan yang Komitmen Untuk Citarum

CIMAHI, kabar1.com – PT How Are You Indonesia dan PT Gede Indah yang berlokasi di Cimahi selatan Kota Cimahi menggelar press conference Selasa siang (2/7). Kedua perusahaan tekstil tersebut meminta Satgas Citarum Sektor 21 dibawah komando Dansektor Kol Inf Yusep Sudrajat agar bersedia membuka tutupan (coran) lubang pembuangan limbah pabrik mereka.

Tiga minggu yang lalu Satgas Citarum Sektor 21 menutup lubang pembuangan limbah pabrik mereka, karena kedua perusahaan tersebut kedapatan membuang limbah yang keruh langsung ke sungai.

Baca juga :  Pelanggan PDAM di Muncang Resah, Air Sering Mati

“Kami mengaku salah karena membuang lumpur dan limbah yang kotor ke sungai, namun sekarang kami percaya diri limbah yang kami keluarkan sudah bagus,” ungkap Mr. Liu.

Mr. Liu juga menambahkan bahwa pihaknya akan ikut andil untuk membuat Sungai Citarum menjadi bersih kembali.

“Kalau limbah kami jelek lagi, saya akan bertanggung jawab dan saya siap jika saluran pembuangan limbah ditutup kembali,” tegas Mr. Liu.

Baca juga :  Milad ke-13, Risma Darusa'adah Berbagi

Hal yang hampir sama juga dikatakan Teddy, pemilik PT Gede Indah. Ia yakin limbah yang sekarang dikeluarkan sudah bersih setelah melakukan beberapa perbaikan pada saluran IPALnya yang bocor.

“Kemarin ada kebocoran pada saluran pembuangan, tapi sekarang bocornya sudah ditutup,” ujar Teddy.

Senada dengan Mr. Liu, bahwa Teddy sangat mendukung program Citarum Harum.

Komandan Sektor 21, Kol Inf Yusep Sudrajat akan bersedia membuka tutupan (Coran) lubang pembuangan limbah pabrik manakala pihak pabrik mau berkomitmen untuk tidak lagi membuang limbah tanpa proses IPAL yang benar, sehingga limbah yang dikeluarkan aman bagi ekosistem sungai.

Baca juga :  Kemendes PDT Harus Kawal Penyaluran Dana Desa

“Saya mengucapkan terima kasih untuk pabrik yang sudah memperbaiki saluran IPALnya, karena hal tersebut mempercepat proses rehabilitasi ekosistem Sungai Citrarum,” ungkap Yusep.

Yusep juga berharap, pabrik-pabrik yang IPALnya sudah bagus, selamanya akan membuang limbah yang bersih ke Sungai Citarum.ACP