Cucurak, Warga Serbu Lokasi Wisata Alam

BOGOR, kabar1.com – Entah kapan tradisi Cucurak dilakukan masyarakat Pasundan. Yang jelas, setiap menjelang bulan suci Ramadhan kebiasaan makan bareng di siang hari ini seolah menjadi wajib bagi masyarakat Kabupaten Bogor, khususnya warga Cisarua.

Biasanya acara tersebut dilaksanakan setidaknya satu minggu sebelum puasa. Biasanya, lokasi wisata alam seperti perbukitan atau air terjun dan perkebunan menjadi tempat paforit acara cucurak ini, ada juga yang sampai sewa vila untuk melaksanakan acara ini.

Baca juga :  Kerap Kecele, Satpol PP Kabupaten Bogor Bakal Ganti Taktik

Selain keluarga, Cucurak juga kerap dilaksanakan bersama sahabat dekat atau tetangga. Jamuan nasi liwet biasanya menjadi menu wajib yang harus ada. Setelah itu barulah obrolan yang lebih akrab dibuka sambil menikmati kopi.

Menurut Ketua Komunitas Penggerak Pariwisata Puncak, M Teguh Maulana atau Bowie, acara itu memang tidak formal, tapi sudah menjadi tradisi, terkadang saudara jauh datang hanya untuk bertemu kerabat dan sahabat.

Baca juga :  Ini 10 Check Point Zona Merah PSBB di Kabupaten Bogor

“Acara itu biasanya jadi ajang silaturrahmi antar anggota keluarga, dan setelah itu mereka umumnya saling meminta maaf satu sama lain,” ujar Bowie.

Ia juga mengatakan, istilah Cucurak sendiri kemungkinan berasal dari ungkapan kesenangan dan kegembiraan,dan memang istilahnya berbeda – beda,”Seperti di Cianjur, istilahnya Fafajaran,tapi maknanya memang sama,” ungkapnya.

Sementara, Yuliani warga Kampung Keramat, Desa Cipayung, Kecamatan Megamendung mengaku acara cucurak ini menjadi acara kumpul keluarga dan temu kangen. Tidak ada esensi yang jelas dari Cucurak ini. Namun ia berharap cucurak ini menjadi tradisi yang terjaga, karena dengan adanya cucurak kehangatan diantara keluarga sangat terlihat, dan silaturahmi dengan sudara pun menjadi terjaga.

Baca juga :  Gelombang Tinggi Hantam Pantai Pangandaran Hingga 6 Meter

“Kapan lagi acara kumpul – kumpul begini, momennya memang tepat yaitu sebelum puasa, usai cucurak kami biasanya melaksanakan ziarah kubur bersama keluarga,” tandasnya.FUZ






Pos terkait