Citarum, Nasibmu Kini!

BANDUNG, kabar1.com – Kondisi dan kualitas air Sungai Citarum terus mengalami penurunan lantaran tercemar sampah dan limbah pabrik. Padahal sungai yang melintasi 12 kabupaten kota tersebut memiliki nilai strategis, baik dari sisi ekonimi, sosial, dan budaya.

Sungai Citarum yang mengalir dari hulu Gunung Wayang di Kecamatan Pangalemgan, Kabupaten Bandung, merupakan sungai terpanjang di Jawa Barat, dengan total panjang 269 kilometer, dan tercatat sebagai salah satu sungai terkotor di dunia.

“Atas dasar itulah kami (Kodam III Siliwangi) bersama Pemprov Jabar, Polda Jabar dan stakeholder lainnya bersama-sama akan memperbaiki kondisi sungai tersebut,” kata Kapendam III Siliwangi, Kol Arh Desi Ariyanto kepada para wartawan, Rabu (29/11).

Upaya memperbaiki kondisi sungai yang mengairi sekitar 420 ribu hektare sawah tersebut, kata Desi, akan dilakukan secara komprehensif dengan melibatkan banyak pihak. Dalam progrm ini, kata dia, sudah dibentuk satgas khusus dan Kodam III Siliwangi berada di dalamnya.

Pos terkait