Cianten River Village Belum Urus Izin Lengkap

BOGOR,kabar1.com – Eksotisme alam di kawasan Puncak II, kaki Gunung Salak memang begitu mempesona. Tak hanya bagi para pelancong, tapi juga sejumlah pengusaha yang tertarik menanamkan modalnya di kawasan tersebut, mulai dari kawasan Tamansari hingga Tenjolaya dan Leuwiliang.

Sayang, daya tarik investasi ini justru kerap disalahgunakan para investor yang tak mengindahkan aturan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor terutama dari sektor perizinan.

Seperti Wisata Alam Cianten River Village Resto&Villa yang berada di Kampung Cirangkong, Kecamatan Cibungbulang, Kabupaten Bogor yang diduga belum mengantongi izin lengkap secara resmi usaha yang dijalankan tersebut.

Hal ini diakui pengelola Cianten River Villagem Iwan mengaku baru mengurus SKDU dari Pemerintah Desa dan Kecamatan setempat.

Pengakuan Iwan dibenarkan Kepala Urusan (Kaur) Pembangunan Desa Cemplang, Asep Suprayudi yang menjelaskan, pihak Desa hanya memberikan rekomendasi atas dasar ajuan dari lingkungan masyarakat RT,RW, dan dilengkapi photo copy KTP Warga yang berdekatan dengan lokasi tersebut.

“Untuk kedepannya pihak investor harus mengurus izin ke tingkat Kecamatan, Pemda Kabupaten Bogor dan Instansi terkait,” ujar Asep saat ditemui di ruang kerjanya.

Pengakuan Asep dibenarkan staf Kecamatan Cibungbulang, Dadah yang mengaku, kecamatan baru mengeluarkan SKDU berdasarkan ajuan dari pihak Desa Cemplang.

“Langkah tindak lanjutnya saya akan perintahkan Pol PP kecamatan untuk mempertanyakan kembali terkait izin pembangunan Cianten River Village,” aku Dadah.

Sementara itu, Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Tata Bangunan wilayah Ciampea, A. Sulistio mengaku akan segera melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke Cianten River Village untuk mengetahui secara detail kepemilikan izin usaha tersebut.

“Bilamana temuan kami akan memberikan surat teguran kepada owner Cianten River Village,” kata Sulistio.WNK

Komentar
Loading...