Cemari Citarum, Puluhan Ribu KJA Ditertibkan

BANDUNG, kabar1.com – Akibat memicu penceramaran lingkungan, 35.842 petak Kolam Jaring Apung (KJA) ditertibkan petugas gabungan dari TNI Polri dan tokoh masyarakat, Senin (13/08) siang.

General Manager Waduk Saguling PT Indonesia Power, Buyung Aryanto beralasan dasar pelaksanaan penertibannya itu guna mendukung kelancaran program revitalisasi sungai Citarum.

“Keberadaan KJA ini menyebabkan pencemaran yang luar biasa, kualitas ikan rendah, juga menyebabkan korosi pada instalasi kami, di alat pembangkit,” jelas Buyung

Menurut Buyung, sejalan dengan program Citarum Harum, waduk Saguling saat ini mengalami over opulasi KJA sejumlah 35.842 petak.

“Pencemaran di Saguling ini sudah melewati ambang batas, maka dari itu penertiban terhadap Keramba Jaring Apung ini mutlak dilakukan. Hari ini kita akan menertibkan terhadap 100 petak KJA,” tuturnya.

Salah seorang peternak KJA bernama Ocid mengaku hanya bisa pasrah ketika keramba miliknya disegel petugas gabungan. “Ya mau gimana lagi, kami harus mendukung program Citarum Harum,” katanya.ACP






Pos terkait