BOS APBN TW III Cair Minggu Ini

BOGOR, kabar1.com – Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kota Bogor, Fahrudin berharap, pencairan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) 2018, triwulan ketiga, bisa dilakukan pada pada minggu ketiga September ini. Mengingat, Disdik sudah mengajukannya ke Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor. Bahkan, sudah melakukan komunikasi dengan pihak Pemerintah Provinsi Jawa Barat, agar persoalan tersebut dapat direalisasikan.

“Saya sudah mendengar di sejumlah sekolah dasar, terpaksa mencari pinjaman dana untuk memenuhi operasional kegiatan belajar mengajar (KBM), salah satunya untuk bayar gaji guru honor,” ujar Fahrudin, ketika ditanya kabar1.com, usai membuka Bimbingan Teknis (Bimtek), Data Pokok Pendidikan Dasar (Dapodikdas), di salah satu penginapan kawasan Puncak, Cisarua, Kabupaten Bogor, Jum’at (14/09/2018).

Menurut Fahrudin, BOS itu terlambat karena sekolah-sekolah harus mengajukan dulu ke dinas, kemudian dinas mengajukan lagi ke Pemkot, beda dengan dulu. Untuk itu, ia berharap, persoalan dana BOS dapat diselesaikan secepatnya, agar dana operasional sekolah tidak terganggu. “Janji dari pihak Pemprov, minggu ketiga, bulan ini cair, semoga saja,” katanya.

Sebelumnya terkait pencairan dana BOS telat, sejumlah sekolah terpaksa mengutang puluhan juta rupiah, agar proses KBM tetap berjalan. “Kami terpaksa mengutang dulu agar KBM sekolah berjalan lancar, karena selama ini sumber anggaran pelaksanaan KBM sekolah hanya mengandalkan dana BOS. Mengingat, sekolah dilarang memungut biaya pendidikan. Sementara, sekolah tidak memiliki sumber anggaran lain.

Pos terkait