Home / Pembangunan

Selasa, 18 Februari 2020 - 15:59 WIB

Bojonggede Bakal Punya Skybridge Park and Ride Tahun Ini

BOGOR – Tak lama lagi, kesemrawutan yang kerap terjadi di Statsiun Bojonggede, Kabupaten Bogor bakal segera terurai. Adalah pembangunan Skybridge Park and Ride yang digagas PT KAI, Kementrian Perhubungan, Pemprov Jakarta dan Pemkab Bogor bersama BPTJ, menjadi alasannya.

Ya, sebuah jembatan penyebrangan yang mengintegrasikan Statsiun dengan Terminal Bojonggede ini diharapkan dapat memecah konsentrasi penumpukan kendaraan akibat keluar masuk penumpang Commuter Line yang selama menjadi salah penyebab terjadinya kemacetan parah yang tak jarang memanjang hingga berkilo-kilometer dari kedua arah di lajur tersebut.

“Pembangunan ini berasal dari dana bantuan PT KAI dan Hibah DKI Jakarta untuk mengurai kemacetan yang kerap terjadi. Selain jembatan yang terintegrasi sepanjang kurang lebih 286 meter, kawasan ini juga akan dilengkapi dengan taman dan tempat penitipan kendaraan bermotor yang tentunya terkonsep dengan baik demi kenyamanan warga,” papar Kepala Desa Bojonggede, Dede Malvina saat ditemui di Kantornya, Senin (17/2/2020).

Baca juga :  Pemenang Lelang JLD Ditetapkan 25 April

Lebih lanjut, ia memaparkan, tak hanya itu, konsep penataan ruang dengan menyediakan lahan bagi para pedagang, angkutan kota hingga ojek pun sudah terencana dengan baik. “Jadi nantinya semua ada di Terminal Bojonggede, dan diharapkan tidak ada lagi kemacetan didepan Statsiun. Terkait hal ini, kami pihak desa pun sudah dua kali diundang rapat bersama Camat, Dishub, Kementrian Perhubungan dan Bappedlitbang. Rencananya tahun ini sudah akan dimulai pembebasan lahan, khususnya yang dibelakang terminal agar konsepnya terwujud dengan baik dan memadai untuk mengakomodir semua stakeholder yang ada, seperti angkot, ojek hingga pedagang yang akan didorong masuk agar terminal ramai,” paparnya.

Baca juga :  Hentikan Pembangunan Tower, Satpol PP Kab Bogor Diapresiasi Warga

Diketahui, Pemerintah Kabupaten Bogor akan membangun skybridge di Stasiun Bojonggede yang menghubungkannya dengan Terminal Bojonggede. Pembangunan skybridge itu dimaksudkan untuk mengurangi kondisi semrawut di sekitar stasiun dan memudahkan mobilisasi penumpang.

“Untuk memudahkan penumpang mobilisasi dari stasiun ke terminal, ke depan kita akan bangun skybridge,” kata Kasie Prasarana Bidang Angkutan Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bogor Firman Hendriawan, belum lama ini.

Firman menjelaskan skybridge itu akan mulai dibangun pada awal 2021 dan ditargetkan selesai setahun kemudian. Firman menyebut panjang skybridge itu akan mencapai 286 meter.

Pembangunan skybridge itu akan dikerjakan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ). Pemkab Bogor sendiri akan menyiapkan lahannya. “Lahan tengah disiapkan. Dan saat ini kita sedang tahap study dan menyusun DED (Detail Engineering Design),” ujar Firman.

Firman menambahkan sebuah park and ride juga direncanakan akan dibangun di Terminal Bojonggede. Dia pun optimis pembangunan skybridge dan park and ride ini bisa selesai dalam waktu satu tahun. “Sekitar Rp 40 miliar mungkin (total anggaran) untuk skybridge dan park and ride,” pungkasnya.

Baca juga :  Masyarakat Baduy Usulkan Lahan Pertanian di Perluas

Kondisi di kawasan Stasiun Bojonggede, Kabupaten Bogor, sendiri memang semrawut. Semrawutnya kawasan tersebut terjadi lantaran banyaknya ojek dan angkot yang mangkal sembarangan hingga membuat kemacetan.

Tak hanya itu, terlihat juga ada banyak ojek yang mangkal di pinggir jalan. Padahal luas jalan kawasan tersebut hanya 7-8 meter. Perpaduan jalan sempit, angkot, dan ojek yang mangkal itu pun membuat area sekitar Stasiun Bojonggede menjadi semrawut. Kemacetan menjadi ‘makanan’ sehari-hari bagi para pengendara.

Kendaraan roda empat terkadang terlihat sulit melintas karena sempitnya jalur. Sering kali terdengar suara klakson atau teriakan orang agar kendaraan di depannya bisa berjalan. WAN

Hosting Unlimited Indonesia
Hosting Unlimited Indonesia

Share :

BERITA TERKAIT

Jembatan Gerendong Diharapkan Dongkrak Roda Perekonomian

Pembangunan

Jembatan Gerendong Diharapkan Dongkrak Roda Perekonomian

Daerah

Walikota Akan Perjuangkan Pembangunan Musala An-Naba PWI Lewat APBD

Pembangunan

11 Maret, Pengurus Kadin Kab Bogor Resmi Dilantik

Daerah

Peran Pemuda Kota Tangsel Belum Optimal, Ini Solusi Dispora