Bocimi Macet Parah, Pedagang Asongan Sumringah

BOGOR, kabar1.com – Tak salah jika jalur Ciawi-Sukabumi dijuluki jalur tengkorak. Selain kerap terjadi kecelakaan, kemacetan parah pun sering terjadi, seperti sudah satu pekan ini arus lalulintas ke jalur tersebut mengalami kemacetan yang luar biasa. Kondisi ini terlihat dari mulai simpang lampu merah Ciawi, dimana ratusan truk terlihat terjebak kemacetan.

Banyak penyebab yang mengakibatkan mandeknya laju kendaraan di jalur tersebut, diantaranya adalah penyempitan jalan di Cikereteg, penutupan jalur alternatif Teluk pinang, dan keluar masuknya kendaraan Proyek Bocimi di Caringin serta betonisasi yang dilakukan di depan Polsek Caringin

Baca juga :  Kisah Sedih Jamaan di Malam Lebaran 2018

Penyebab kemacetan tersebut masih ditambah lagi dengan ramainya¬† persimpangan pasar Cikereteg dan pasar Caringin. “Wah parah macetnya, saya sudah satu jam lebih kejebak disini,”Ungkap Ahmad (45) sopir Angkot jurusan Cicurug – Bogor.

Meskipun macet,  bagi pengendara sangat menjengkelkan, tapi bagi para pedagang asongan tentunya menuai berkah tersendiri. Layaknya semut mengeribungi gula, di setiap kemacetan selalu saja ada para pengais rezeki tersebut.

Baca juga :  H.Wahyudi : "Jika PT Aplus cuek, somasi kedua siap kami layangkan kembali

“Kalau macet begini lumayan lah, biasanya penghasilan suka agak beda, sopir – sopir banyak yang jajan,” Ungkap Yanto, pedagang kopi di wilayah Caringin.

Senada, dikatakan Deni pedagang asongan lainnya. Dibanding jalan lancar, penjualan tahu lebih banyak ketika macet,”Bisa tiga kali lipat yang beli, dibanding kalau lancar,” pungkasnya.

Baca juga :  Pasien Positif Covid-19 di Kab Bogor Jadi 7 Orang

Berbeda dikatakan warga Caringin, Asep, kata dia, macet yang terus terjadi di jalur ini membuat mobilitas warga terganggu. Seharusnya, ke Bogor hanya setengah jam, kalau sekarang bisa dua sampai tiga jam.

Ia berharap, Tol Bocimi segera bisa beroperasi, karena ia meyakini, jika tol tersebut sudah bisa dilalui akan mengurangi kemacetan di jalur Ciawi, Caringin, dan Cigombong. “Kalau terus macet seperti ini jalan malas kemana-mana,” tandasnya. FUZ