Home / Pendidikan

Rabu, 15 Agustus 2018 - 13:29 WIB

Bima : Menjadi Pemimpin Masa Depan Tidaklah Mudah

BOGOR, kabar1.com – Sebanyak 4.115 mahasiswa baru Institut Pertanian Bogor (IPB) mengikuti Masa Pengenalan Kampus Mahasiswa Baru (MPKMB), di gedung Graha Widya Wisuda (GWW), kemarin.

Hadir dalam kegiatan itu, Wali Kota Bogor, Bima Arya mengajak mahasiswa untuk turut berpartisipasi menjadi bagian perubahan Kota Bogor dan menjadi pemimpin masa depan.

Saya mengajak dan mengundang mahasiswa IPB untuk menjadi bagian perubahan di Kota Bogor. Saya juga menantang kalian disini maju kedepan dan mengatakan 30 tahun ke depan mau menjadi apa,” katanya.

Spontan, 3 calon mahasiswa maju ke depan podium dan secara bergantian mengatakan keinginannya 30 tahun mendatang. “Saya ingin menjadi presiden,” tegas salah satu mahasiswa.

Baca juga :  Kadisdik Kota dan Kabupaten Bogor Akan Bertemu Bahas Penanganan Tawuran Pelajar

Selain itu, Bima membagi anak muda menjadi tiga golongan. Pertama merupakan anak muda yang masih “galau” dengan dirinya sendiri. “Ciri-cirinya, tidak tahu arah hidupnya mau kemana dan mau menjadi apa,” katanya.

Kedua, yakni anak muda yang asik dengan dirinya. Mereka tidak memikirkan orang lain, tidak memikirkan keluarga, teman apalagi kotanya. Sementara golongan ketiga menjadi golongan yang paling ia suka, yakni anak muda yang sudah selesai dengan dirinya. Mereka sudah tahu mau ke arah mana dan mau berbuat apa untuk masa depannya. “Kalian masuk kemana? Saya yakin kalian masuk di salah satu universitas terbaik di Indonesia ini merupakan golongan yang sudah selesai dengan dirinya,” ujar Bima.

Baca juga :  Wakil Bupati Lebak  Lepas 313 Peserta KKN UPI Serang

Dia mengutarakan untuk menjadi pemimpin masa depan tidaklah mudah. Modalnya, adalah memiliki kompetensi dan memiliki karakter. Ia meyakini untuk menjadi pemimpin dimasa depan dibutuhkan 70 persen karakter dan 30 persen kompetensi. Sebab, sejarah mencatatkan dalam tinta emas orang-orang yang berkarakter adalah orang sukses. “Percayalah, karakter yang akan menuntun kalian ke puncak, it’s all about character. Hidup ini bukan tentang apa yang kita tahu, tetapi siapa yang kita kenal. Hidup ini harus berjejaring dan menjaga silaturahmi,” jelasnya.

Baca juga :  Penerimaan Siswa Baru Sekolah Angkasa, Tingkatkan Kedewasaan Kemandirian Dan Kerja Keras

Ia berpesan agar hati-hati dengan pikiran Anda. Karena, itu menjadi kata kata anda. Hati-hati dengan kata-kata anda, karena akan menjadi perbuatan Anda. Hati-hati dengan perbuatan anda, karena akan menjadi kebiasaan anda. Hati hati dengan kebiasaan anda, karena akan menjadi tujuan anda. Hati-hati dengan kebiasan anda, karena akan menjadi karakter anda.

“Jadi semua dimulai dari pikiran dan keyakinan. Anda optimis maka Anda akan berhasil. Anda pesimis maka Anda akan gagal. Selamat mengukir sejarah disini. Disinilah kalian akan menimba ilmu dan jangan lupa doakan selalu orang tua kalian, ” pesannya. URI

Hosting Unlimited Indonesia
Hosting Unlimited Indonesia

Share :

BERITA TERKAIT

Pendidikan

Semiloka Kwarcab Kota Bogor Bermanfaat Untuk Menyusun Narakarya Dan Naratama

Pendidikan

87 Guru SD Bogor Utara Ikuti Pelatihan Kurtilas

Pendidikan

LK II HMI Kota Banjar Dijadikan Sebagai Wahana Rembug Nasional Mahasiswa

Komunitas

Cegah Dini Narkoba Kalangan Pelajar, Mendikbud dan BNN Saling Bersinergis