Bencana Alam Landa Lokasi TMMD, Dandim: Warga Jangan Panik 

Rabu, 1 Agustus 2018 - 14:35 WIB

SUBANG, kabar1.com – Sejumlah bencana alam melanda Kecamatan Cijambe, Subang yang menjadi lokasi TMMD 102 Kodim 0605/Subang. Puluhan warga berhamburan panik menyelamatkan diri.  Untungnya,  barisan petugas dari TNI, polri dan Dinas terkait sigap bertindak saat darurat.

 

Peristiwa tersebut,  bagian dari kegiatan simulasi bencana alam yang diikuti Instansi terkait di lapangan kecamatan Cijambe kabupaten Subang, Selasa (01/08/2018). Diikuti Lapisan masyarakat dan pelajar kegiatan simulasi tersebut didukung pihak kecamatan Cijambe, kepala desa Cirangkong, Polsek Cijambe serta intansi terkait seperti DPKPB, BPBD, PMI dan para babinsa dari Koramil dan Polsek di wilayah Cijambe serta warga dan pelajar Cijambe.

Baca juga :  Bupati Bogor Disawer Rp21 Juta

 

Hadir dalam kesempatan tersebut Kepala Dinas DPKPB, Hidayat, Dandim 0605/ Subang Letkol Inf Fikri Ferdian dan unsur Muspika Cijambe dan kepala desa Cirangkong.

 

Dandim Letkol Inf. Fikri Ferdian mengatakan Bahwa kegiatan penanggulangan bencana secara terpadu berbasis masyarakat itu memang perlu digalakkan untuk meningkatkan kesiapan dan kewaspadaan masyarakat.

 

“Dengan memberdayakan masyarakat paling tidak masyarakat sudah mengetahui apa yang harus dilakukan ketika ada bencana dan terpenting warga tidak panik, makanya kalau sudah terbiasa terlatih dengan situasi seperti ini ketika ada bencana mereka sudah mengetahui apa yang harus dilakukan,” ungkapnya.

 

Menurut Letkol Inf Fikri Ferdian dari sisi SDM kegiatan simulasi Bencana ini bisa memadukan pihak terkaitvdan stakeholder untuk mengetahui tugas dan tanggung jawab masing-masing.

Baca juga :  Tuntut Rasionalisasi Tarif, Ribuan Ojol Demo Istana

 

“Semakin sering latihan (simulasi,red) maka semakin baik kesiapan masyarakat dan petugasnya dalam mitigasi bencana sehingga nantinya bisa meminimalisir korban harta benda atau yang paling penting korban jiwa, ” imbuh Fikri.

 

Fikri juga mengatakan bahwa aspek-aspek dalam TMMD ini memang menggalang partisipasi masyarakat seperti dalam pembangunan sarana fisik maka setidaknya warga juga ikut bekerja bakti, termasuk dalam simulasi bencana ini juga masyarakat terlibat aktif.

 

Simulasi Bencana Alam sendiri berlangsung seru disaksikan ratusan warga, dalam giat tersebut sejumlah pejabat Muspika ikut terlibat dalam simulasi, sementara beberapa kendaraan ambulan milik BPBD, Damkar, mobil dapur umum milik Dinas Sosial serta ratusan personil ikut sibuk dalam kegiatan ini.

Baca juga :  'Hebat', IMB Puncaki Pelanggaran Perda di Kota Bogor

 

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangab Bencana (DPKPB) Hidayat mengapresiasi kegiatan simulasi bencana ini seraya memuji satgas TMMD TNI yang menggagas kegiatan simulasi penanggulangan bencana bersama sejumlah unsur lainnya.

 

Senada dengan Hidayat, Camat Cijambe Udin Zajudin dan Kades Cirangkong bahkan mengucapkan rasa terimakasihnya atas dukungan pemkab Subang serta TNI melalui program TMMD di desa Cirangkong kecamatan Cijambe. ARP

Hosting Unlimited Indonesia
Hosting Unlimited Indonesia

Share :

BERITA TERKAIT

Bima Arya Pastikan Mahasiswa Wuhan asal Bogor Sehat

Peristiwa

Bima Arya Pastikan Mahasiswa Wuhan asal Bogor Sehat

Peristiwa

Cegah Sebaran Covid-19, Pemuda Karang Taruna Laksanakan Penyemprotan Disinfektan

Peristiwa

Lima PSK Kembali Terjaring Satpol PP Cianjur

Peristiwa

Aduh, Pemandu Lagu di Garut Tertembak Polisi