Bea Cukai Bandung Gagalkan Penyelundupan Narkoba Jaringan Internasional

Home / Hukum Kriminal

Senin, 25 Juni 2018 - 20:17 WIB

BANDUNG, kabar1.com – Kantor Wilayah Dirjen Bea dan Cukai Jawa Barat merilis penangkapan terhadap kurir narkoba jenis shabu seberat 1,155 kg asal Singapura. Kurir berkewarganegaraan Thailand ditangkap setelah petugas bea cukai mencurigai barang haram senilai Rp2,3 miliar dalam dinding tas ranselnya terdeteksi melalui pantauan alat sinar X di Bandara Husein Sastranegara, Jum’at (15/6/2018) lalu.

Kepala Kantor Wilayah Dirjen Bea dan Cukai Jawa Barat Saifullah Nasution mengungkapkan hasil penyelidikan sementara, pelaku dan jaringannya berusaha menyelundupkan barang terlarang ini melalui 3 bandara sekaligus yakni di Batam, Jakarta, dan Bandung.

Baca juga :  4 Maling Rumsong Diringkus Polisi

“Tersangka merupakan penumpang pesawat rute Singapura-Bandung yang tiba di Bandara Husein pada hari Jumat, 15 Juni pukul 17.00. Pelaku juga tidak bisa berbahasa Inggris dan baru pertama kali berkunjung ke Indonesia,” kata Saifullah di Kantor Wilayah Dirjen Bea dan Cukai Jawa Barat, Senin (25/6).

Baca juga :  Polisi Ringkus Jambret Telepon Seluler

Meski begitu, Saifullah belum mengetahui pasti jaringan tersangka ini dan akan segera melakukan penelusuran lebih lanjut bersama pihak terkait seperti kepolisian dan kedutaan besar.

tbn

“Akibat perbuatannya ini, menurutnya tersangka dijerat undang-undang narkotika pasal 113 dengan ancaman hingga pidana mati,” tandasnya.

Ironisnya, aku Saiful, komplotan pengedar narkotika memanfaatkan momentum Lebaran untuk menyebarkan barang haram itu. Para pelaku berharap petugas terlena dan tidak sigap di saat hari besar umat Islam ini.

Baca juga :  Polisi Gerebek Gudang Miras, Wabup Cianjur Targetkan Depot Jamu

“Dengan mayoritas warga muslim, mereka beranggapan di hari raya ini petugas enggak konsentrasi,” katanya seraya menyebut dengan berhasil digagalkannya pengiriman sabu ini, sedikitnya terdapat 8 ribu warga yang terselamatkan dengan asumsi 1 gram sabu dikonsumsi 7 orang.ABY