Home / Gaya Hidup / Kesehatan

Kamis, 27 Februari 2020 - 14:33 WIB

Bangkitkan RS Syariah, Mukisi Bakal Helat IHEX 2020

JAKARTA – Dalam rangka membangkitkan rumah sakit syariah di nusantara, Majelis Upaya Kesehatan Islam Seluruh Indonesia (MUKISI) akan menyelenggarakan International Islamic Healthcare Conference and Expo (IHEX) 2020 di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan Jakarta pada 27-29 Februari 2020.

Kegiatan ini dikemas dalam bentuk seminar, workshop dan pameran untuk mendukung terselenggaranya rumah sakit syariah. IHEX 2020 ini mengangkat tema “Mewujudkan SDM Kesehatan Unggul dalam Mendukung Era Baru Pelayanan Kesehatan Bersyariah”. Tema ini dinilai penting dalam rangka mendukung program pemerintah yang tengah menggalakkan syariah di berbagai bidang, temasuk di dunia kesehatan.

Baca juga :  Hore, THR Cair Tahun Ini, Ini Besarannya

Ketua Umum Pengurus Pusat MUKISI, Masyhudi AM mengatakan IHEX ini adalah satu media agar bisa mempersatukan seluruh rumah sakit Islam dan rumah sakit Syariah, karena rumah sakit Syariah itu belum tentu rumah sakit Islam, dan untuk menjadi rumah sakit Syariah dibutuhkan seritfikasi terlebih dahulu.

“Sertifikasi Syariah itu adalah standarisasi pelayanan Islami di rumah sakit, rumah sakit Islam belum tentu pelayanannya berbasis Islam, bisa saja hanya cuma penamaannya saja. Tapi kalau sertifikasi, itu standarisasi sebuah rumah sakit untuk bisa melaksanakan pelayanan yang Islami. Sertifikasi itu standarisasi, dan bedanya cukup banyak ada 13 standar dan ada 173 elemen penilaian yang membedakan pada sisi fasilitas, human resouce developmentnya, keuangan atau akuntansinya, pelayanannya, makanannya, semua menggunakan cara yang Islami,” ujarnya saat ditemui di JCC Senayan Jakarta, Jumat (28/2/2020).

Baca juga :  PMI Perkuat Kemampuan Petugas Ambulance

Bangkitkan RS Syariah, Mukisi Bakal Helat IHEX 2020Masyhudi juga menyebut sudah ada sekitar 20 rumah sakit yang sudah bersertifikasi Syariah dan 67 dalam proses sertifikasi.

“20 rumah sakit yang sudah bersertifikasi Syariah hanya baru beberapa daerah saja, yaitu di Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, Banten, Aceh, dan Kalimantan Selatan, dan saya berharap, kegiatan ini bisa menggaungkan pesan tentang rumah sakit syariah, sehingga semakin banyak lagi rumah sakit Indonesia yang mengajukan sertifikasi syariah,” tuturnya.

Baca juga :  Jangan Paksa Anak Makan!

IHEX 2020 merupakan penyelenggaraan yang ketiga kalinya oleh MUKISI. Kegiatan ini akan mempertemukan semua kalangan, mulai praktisi, akademisi, peneliti, pebisnis dan semua stakeholder terkait yang bertujuan untuk mendiskusikan dan mengenalkan produk dan jasa halal di bidang pelayanan kesehatan syariah di Indonesia.Satria

Hosting Unlimited Indonesia
Hosting Unlimited Indonesia

Share :

BERITA TERKAIT

Tangani Pasien Covid-19, Kab Bogor Gunakan Gedung Diklat Kemendagri

Kesehatan

Tangani Pasien Covid-19, Kab Bogor Gunakan Gedung Diklat Kemendagri

Kesehatan

Warga Desa Suka Negara Butuh MCK
Nakes Terkonfirmasi Covid-19, Puskesmas Cigudeg Isolasi Ruang Rawat

Kesehatan

Nakes Terkonfirmasi Covid-19, Puskesmas Cigudeg Isolasi Ruang Rawat
Miliki Gejala Virus Corona, Anggota DPRD Kab Bogor Diisolasi

Kesehatan

Miliki Gejala Virus Corona, Anggota DPRD Kab Bogor Diisolasi