Home / Ekonomi / Potensi Wilayah

Rabu, 29 Agustus 2018 - 13:22 WIB

Atasi Kesulitan Air, PDAM Tirta Multatuli Luncurkan Program Hibah

LEBAK, kabar1.com – Musim kemarau yang terjadi saat ini membuat warga di beberapa daerah, terutama wilayah Lebak, Banten mengalami kesulitan air. Krisis air bersih hingga sumber mata air, sumur dan pompa jet pump milik para warga.

“Sebagian warga nyari air lewat gali lubang di sawah. Untuk keperluan konsumsi sehari-hari, kita beli air galon isi ulang,” tutur Aisyah (58) warga Kampung Pasir Jati RT01 RW05, Kelurahan Cijoro, Lebak, Kabupaten Lebak, Banten, Rabu (29/8).

Baca juga :  Paguyuban LMDH Banten Dukung Program Perhutanan Sosial

“Ada juga yang terpaksa harus berjalan kurang lebih sampai 50 meter, untuk bisa mencuci dan mandi di sumur (sumber mata air),” tambahnya.

Menanggapi hal ini, Pemerintah daerah menggandeng PDAM Tirta Multatuli langsung mengambil tindakan melalui Hibah Air Minum Perkotaan (HAMP). Program instalasi dilaksanakan secara cuma-cuma untuk satu bangunan bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).

Baca juga :  Jokowi: Politik Itu Banyak Jahatnya!

Kasubag Pengawasan Teknik Bagian Perencanaan Koordinator Proham PDAM Tirta Multatuli, Kristanto mengungkapkan ini merupakan realisasi kerjasama Pemkab Lebak, Banten dan Kementerian PURR.

“Kami mengoptimalkan jaringan yang belum terpakai atau idle capacity. Jaringan ini merupakan investasi untuk jaringan perpipaan dan infrastruktur lainya sehingga kapasitas produksi bisa di salurkan dan menjadi manfaat bagi masyarakat,” katanya.

Baca juga :  Perluasan Jaringan Pelayanan, Disdukcapil¬†Kabupaten Lebak ¬†9 OPD

Guna optimasi pemanfa’atan program hibahnya secara kontinyu, lanjut Kristanto, pihak akan terus mensosialisasikan kepada masyarakat Kabupaten Lebak, tidak hanya untuk warga terdampak kekeringan.

“Tidak ada biaya atau pungutan untuk progres instalasinya. Cuma nanti jika sudah jarak 1 bulan pemakaian, (pelanggan) baru bayar sesuai penggunaan,” tutupnya.FAN

Hosting Unlimited Indonesia
Hosting Unlimited Indonesia

Share :

BERITA TERKAIT

Potensi Wilayah

Sambut Ramadan, Warga Puncak Gelar Pawai Obor

Daerah

Tolong, Rumah Mak Acih Nyaris Ambruk!

Ekonomi

Utang Indonesia Makin Mengerikan

Daerah

Tegangan Listrik Didesa Tambak Kecamatan Cimarga Rugikan Pelanggan