APINDO KBB Siap Mendukung Program Citarum Harum

  • Whatsapp

LEMBANG | kabar1.com– Dansektor IX Citarum harum Kol. Inf.Sahal Ma’ruf meminta Keberadaan Organisasi Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) di Kabupaten Bandung Barat sepertinya harus menjadi perhatian. Sebab, selama ini keberadaan Apindo sebagai wadah berhimpunya perusahaan-perusahaan tidak bisa memberikan kontribusi untuk menjaga lingkungan.

Ketua Apindo Kabupaten Bandung Barat lewat Sekjen nya Suhendro mengatakan, Apindo tidak bisa memberikan sanksi kepada perusaahan yang melanggar terhadap aturan pemerintah. Sebab, Apindo hanya organisasi berkumpulnya para pengusaha-pengusaha industri.

Bacaan Lainnya

Dia mengakui, selama ini masih ada perusahaan yang tidak patuh untuk menjaga lingkungan nya. Bahkan, dari 700 an industri yang ada di Kabupaten Bandung Barat, hanya sekitar 11 persen saja yang ikut menjadi anggota Apindo.

Hendro mengungkapkan, untuk perusahaan yang tergabung dalam Apindo KBB yang melakukan pelanggaran melakukan pembuangan limbah memang ada. Namun, Apindo tidak bisa memberikan sanksi apapun. Sebab, tugas Apindo hanya menjadi pembela industri untuk menyampaikan aspirasi nya kepada pemerintah.

’’Paling bila ada pelanggaran seperti itu bisa dilakukan teguran dan pembinaan,’’ ujar Suhendro selaku Sekjen Apindo Kabupaten Bandung Barat saat ditemui di tempat Terminal Wisata Grafika Cikole Lembang pada saat kegiatan Diskusi pengupahan & Solusi pengolahaan Limbah Industri (06/8/2018).

Hendro mengatakan, dari semua industri yang melakukan pencemaran ke Sungai Citarum, masih banyak industri disinyalir belum maksimal pengolahan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL).

Kendati begitu, melihat gencarnya program Citarum harum untuk mewujudkan lingkungan bebas dari pencemaran limbah. Apindo KBB siap bekerjasama dengan merangkul industri untuk ikut mematuhi aturan tersebut dengan memanfaatkan tenaga-tenaga ahli dibidang nya untuk bisa mengawasi dan membina industri.

“Tentu tidak didiamkan, kita carikan solusinya seperti apa. Makanya untuk pabrik-pabrik yang jadi anggota Apindo KBB itu harus menyerahkan data-data perusahaannya,’’ ucap Hendro

Apindo KBB mendukung 1000% program Citarum harum ini dan mengajak kepada pengusaha-pengusaha yang belum tergabung Apindo untuk segera bergabung agar program Citarum harum ini Cepat nyata terwujud. ACP

Hosting Unlimited Indonesia
Hosting Unlimited Indonesia