Home / Potensi Wilayah

Minggu, 22 Juli 2018 - 18:44 WIB

Anggota DPD RI dan Ecovillage Cipeundeuy Bersihkan Sampah Di Sungai Cihaur.

PADALARANG, kabar1.com – Slogan yang dikumandangkan Pangdam III/ Siliwangi Mayjen TNI Besar Harto Karyawan yang ingin menjadikan Citarum sebagai beranda rumah, mendapat tanggapan positif dari masyarakat yang tergabung dalam Ecovillage Cipeundeuy Bestari Desa Cipeundeuy Kec Padalarang Kab Bandung Barat.

 

Dengan segala keterbatasan perlengkapan, tidak membuat Ecovillage ini patah semangat. Bertempat di Balai Seni Desa Cipeundeuy, Ecovillage Cipeundeuy Bestari mengadakan kegiatan pembersihan Bantaran Genangan Citarum dari sampah yang dihadiri oleh Anggota DPD RI Dra.Hj. Eni Sumarni dan Kepala Desa Cipeundeuy Bunbun Risnandar S.Ag. Minggu (22/7).

 

Dalam sambutan nya, Ketua Ecovillage Rita Rosita mengatakan bahwa Ecovillage ini sudah berdiri tahun 2017, dibentuk oleh warga yang sangat peduli dengan lingkungan sekitar, setelah Perpres tentang DAS Citarum turun, semua kegiatan Ecovillage di arahkan untuk mendukung Program tersebut. ” Ecovillage ini didirikan atas dukungan Kepala Desa Cipeundeuy, setelah Program Citarum di gulirkan, kami turut mendukung Program itu, apalagi ada keinginan dari Pangdam III/Siliwangi yang ingin menjadikan Citarum sebagai Beranda Rumah,” terangnya.

Baca juga :  Komitmen TNI Untuk Penyelamatan Citarum yang Semakin Bingar

 

Masih menurut Rita. ” Selama Program Citarum ini di gulirkan, kami selalu mendapat arahan dari Dansektor 9 Kol Inf Sahal Ma’ruf, dan kami selalu bersinergi dengan TNI dalam melakukan kegiatan,” ungkapnya.

 

Sementara itu Bunbun Risnandar selaku Kepala Desa Cipeundeuy, menegaskan soal pentingnya kamandirian Ecovillage. ” Desa ini memiliki wilayah yang cukup luas, dengan adanya Satgas Citarum, maka Ecovillage disini juga selalu bersinergis dengan Satgas, Ecovillage Cipeundeuy Bestari ini harus bisa mandiri, kalau bukan kita yang menata, lantas siapa lagi, dan juga kepada anak2 KKN ini tolong beritakan Desa Cipeundeuy ini, supaya semua kegiatan nya bisa diketahui orang banyak,” tuturnya dihadapan 100 undangan yang hadir.

Baca juga :  Objek Wisata Citomo Di Lebak Gedong Tidak Dapat Dimanfaatkan

 

Hal yang sama juga diharapkan oleh Dra Hj Eni Sumarni dalam soal penanganan kebersihan Citarum, Erni berharap semua kegiatan yang sifat nya mendukung Program Citarum ini di sinergikan dengan keberadaan Satgas. ” Saya bangga dengan Ecovillage Cipeundeuy ini, walaupun anggota nya mayoritas wanita, tapi pekerjaan nya patut diacungi jempol, nanti saya akan bantu bibit pohon keras nya untuk kita tanam bersama,” ujarnya.

Baca juga :  Satgas Citarum Sektor V Hadirkan Aa Gym Demi Suksesnya Program Citarum

 

“Dalam penataan lingkungan, saya secara pribadi mendukung kegiatan ini,  Insha Allah kedepannya nya saya akan turut rembug dalam setiap kegiatan yang berhubungan dengan lingkungan, selama ini 80 % kegiatan saya lakukan di tengah-tengah masyarakat, supaya saya tau dan langsung terlibat,” katanya

 

Acara ini selain pemberian bantuan operasional kepada Ecovillage, juga melakukan giat pungut sampah di tepi sungai Cihaur sekaligus melakukan penanaman bibit pohon. (ACP)

Hosting Unlimited Indonesia
Hosting Unlimited Indonesia

Share :

BERITA TERKAIT

Ekonomi

Gubernur Banten Resmikan Pembangunan RTLH di Lebak

Potensi Wilayah

Peringatan Nuzulul Qu’an Korem 061/SK

Potensi Wilayah

Polres Kota Banjar Gelar Lomba Adzan, MTQ, dan Da’i

Peristiwa

Polres Kota Banjar Sinergitas Bantu Pembangunan Mesjid