Alasan Pentingnya Melakukan Perawatan Mesin Industri Untuk Usaha Anda

  • Bagikan
Perawatan Mesin Industri

Salah satu faktor penunjang keberhasilan sebuah usaha industri adalah lancarnya sistem produksi dalam menghasilkan produk yang memiliki kualitas tinggi, waktu produksi yang tepat, dan biaya produksi yang murah.

Mesin industri adalah faktor utama penunjang dari suatu usaha industri selain dengan Sumber Daya Manusia (SDM) yang memumpuni dan faktor penunjang lain. Penggunaan mesin industri sebagai penunjang utama inilah yang memerlukan perhatian lebih dan khusus agar keberhasilan dan kelancaran usaha industri bisa berjalan sesuai rencana.

Maka dari itu perlu dilakukannya perawatan mesin industri agar meningkatkan produktifitas dan efesiensi.

Peran Perawatan pada Usaha Industri

Sebuah sistem produksi diharapkan dapat berhasil dengan biaya produksi yang lebih hemat serta bisa menjangkau konsumen yang sangat luas dalam waktu yang relatif cepat. Untuk mencapai hal tersebut, perlu dilakukan peralatan-peralatan mesin yang siap bekerja secara cepat dan efesien demi untuk mendukung terwujudnya kelancaran dari sistem produksi.

Agar mesin industri bisa bekerja  secara maksimal, perlu dilakukan upaya-upaya perawatan secara teratur dan terencana. Hal ini dapat menenjukan bahwa:

  1. Perawatan mesin mempunyai hubungan erat dengan proses produksi
  2. Perawatan mesin sebagai komponen pendukung dalam proses produksi
  3. Perawatan mesin dapat menjaga efesiensi dan efektifitas dari peralatan produksi
  4. Dengan melakukan perawatan mesin, kualitas produksi dapat terjaga dan biayanya murah, serta konsumen dapat mendapatkan produk secara cepat.

Kenapa Perawatan Mesin Industri Sangat Penting?

Dalam sistem produksi pada usaha industri, mesin-mesin dituntut untuk bekerja secara maksimal dengan melakukan serangkaian pekerjaan yang kompleks dan panjang serta saling berkesinambungan, artinya mesin-mesin industri ini harus dilakukan perawatan mesin secara teratur dan terencana agar dapat mencapai target dan harapan. Adapun targetnya tersebut antara lain :

  1. Terjaminnya ketersediaan dan kehandalan fasilitas (peralatan dan mesin) secara teknis dan ekonomis agar sistem produksi berjalan dengan optimal
  2. Memperpanjang masa pakai dari mesin
  3. Terjaminnya kesiapan dari fasilitas yang akan digunakan
  4. Terjaminnya keselamatan dan keamanan pada saat kerja

Beberapa Faktor Yang Mempengaruhi Pembentukan Tim Perawatan Mesin Industri

Berikut beberapa faktor yang mempengaruhi tim pembentukan perawatan mesin antara lain :

  1. Jenis Pekerjaan

Jenis pekerjaan menentukan karakteristik dari pengawasan dan pengerjaan perawatan mesin

  1. Lokasi Usaha

Lokasi usaha yang terpusat atau menjadi satu tempat akan memiliki jenis perawatan mesin secara setralistik (perawatan terpusat). Sedangkan lokasi usaha yang terpisah pisah menerapkan perawatan mesin dengan sistem Desentralisasi (perawatan lokal)

  1. Ukuran Tempat Usaha

Ukuran tempat usaha menentukan jumlah besar kecilnya jumlah tenaga perawat mesin

  1. Ruang Lingkup Bidang Perawatan

Ruang lingkup bidang perawatan ditentukan oleh sang pemilik usaha industri.

  1. Tenaga Kerja

Keahlian setiap tenaga kerja pasti tidaklah sama. Maka dari itu, perlu diadakannya program pelatihan perawatan mesin untuk membantu para tenaga kerja mangasah kemampuan mereka.

Melakukan perawatan mesin merupakan sebuah kewajiban agar produktifitas usaha anda dan efesiensi kerja mesin usaha anda meningkat. Jangan sampai mesin usaha ada rusak, karena jika hal itu sampai terjadi maka akan mengganggu laju produksi usaha anda, menghabiskan biaya yang lumayan banyak, dan sebagainya.

  • Bagikan