AKP Kadek Vemil : Pelanggar Prokes Bisa Dikenai Denda Juga

AKP Kadek Vemil : Pelanggar Prokes Bisa Dikenai Denda Juga

CIBINONG – Sedikitnya 132 pelanggar dikenakan sanksi tegas oleh petugas gabungan ketika menggelar razia prokes di sejumlah titik di Cibinong, Kaupaten Bogor.

Kapolsek Cibinong AKP I Kadek Vemil beralasan petugas gabungan yang terdiri dari jajarannya serta Koramil dan Sat Pol PP Kecamatan Cibinong gencar menggelar operasi yustisinya sebagai tindak lanjut pelaksanaan Perbup Nomor 60 tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar Pra Adaptasi Kebiasaan Baru Menuju Masyarakat Sehat, Aman dan Produktif di Kabupaten Bogor.

Baca juga :  Beberapa Jam Jelang PSBB, Pasien Positif Covid-19 Bertambah 7 Orang

Penertiban prokesnya, diakuinya, dilaksanakan secara mobile dan stasioner dengan tim gabungan yang menyasar kepada para pengguna jalan, masyarakat yang sedang beraktiftas maupun para pelaku usaha yang kedapatan tidak menjalan protokol kesehatan.

“Saat ini, kami fokus menggelar operasi yustisinya dikawasan Pasar Cikema Cibinong, Jalan Raya Pabuaran Cibinong dan beberapa titik keramaian lainnya,” tutur Kadek.

Baca juga :  Puluhan Pasutri Kebasiran Nikah Massal

Lebih lanjut, Kadek menegaskan terkait bentuk penindakannya itu beragam dari pemberian denda hingga sangsi sosial. “Pemberian sangsi ini sendiri bertujuan memberikan efek jera bagi para pelanggar, dan diharapkan dapat meningkatkan disiplin masyarakat dalam menjalankan protokol kesehatan di kehidupan sehari-hari,” ujarnya.

“Sementara ini, dari hasil operasi yustisi bersama tim gabungan berhasil memberikan terhadap 132 teguran pelanggaran protokol kesehatan. Dan ini akan terus menjadi rutinitas kami sebagai upaya pendisiplinan dan sosialisasi kepada masyarakat,” katanya lagi.

Baca juga :  Ini Klarifikasi Pemkot Bogor Soal Konferensi Pers Bima Arya

Untuk diketahui, Bupati Bogor Ade Yasin kembali mengeluarkan surat edaran perpanjangan PSBB Pra Adaptasi Kebiasaan Baru yang diperkuat melalui peraturan bupati sebagai upaya pemerintah untuk percepatan penanganan Covid-19 dalam memutus mata rantai penyebaran Covid 19 ini yaitu dengan selalu disiplin menjalankan protokol kesehatan. STR/*