Ada Ponpes di Jonggol, Diisi Sapi Bukan Santri

Ada Ponpes di Jonggol, Diisi Sapi Bukan Santri 1

BOGOR – Departemen Agama Kabupaten Bogor angkat bicara terkait adanya Pondok Pesantren (Ponpes) di wilayah Jonggol yang diduga disalahgunakan. Pasalnya, ponpes tersebut tak ada kegiatan santri namun diisi peternakan sapi.

Kasi Pontren Depag Kabupaten Bogor, Shihab mengatakan, Ponpes Sumartini Soko Tunggal yang berada di Kampung Jatinunggal, Desa Sukasirna, Kecamatan Jonggol ini tidak terdaftar di Departemen Agama Kabupaten Bogor.

Terkait peternakan sapi, Shihab mengatakan, memang diperbolehkan jika pondok pesantren memiliki peternakan, namun jika ada memang didalamnya terdapat kegiatan Santri.

“Sekarang kan sudah via online dan sudah kami cek berkali-kali bahwa ponpes tersebut tidak ada dalam daftar atau tidak terdaftar. Adapun kegiatan yang ada di dalam ponpes yaitu peternakan sapi itu sangat tidak pantas dan tidak layak, sama dengan melecehkan. ujar Kasi Pontren Depag, Sihab kepada wartawan.

Kecuali, kata dia, peternakan tersebut bagian dari usaha pondok pesantren, namun jika plang pondok pesantren tapi kegiatannya peternakan sapi. “Sebaiknya dinas terkait segera menginstruksikan untuk mencopot plang ponpes tersebut,” sambungnya.

Dia menambahkan, kegiatan peternakan dengan memakai Plang Pondok Pesantren dinilainya sebagai pelecehan agama. Lantaran tidak ada sedikitpun kegiatan yang semestinya terjadi di pondok pesantren bukan malah dijadikan untuk kandang sapi. “Dalam tanda kutip itu sudah melecehkan agama. Masa pondok pesantren malah didalamnya cuma sapi doang,” kesalnya.

Saat ditemui di lokasi, orang tua pemilik ternak sapi ternak sapi, Akung, mengatakan bahwa peternakan sapi yang saat ini ditinggalinya merupakan milik anaknya yang dinas sebagai Kapolses Cakung, Jakarta bernama Kompol Panji.

Dia juga menjelaskan bahwa nantinya untuk bangunan ponpes akan dibangun. “Ini milik anak saya, Kompol Panji, dia dinas di Polsek Cakung sebagai Kapolsek. Kalau untuk ponpes saya tidak tahu menahu soalnya hanya menjaga saja, untuk bangunan pondok pesantrennya nanti akan dibangun” tukasnya. FUZ

Pos terkait