Home / Pendidikan

Minggu, 16 September 2018 - 19:43 WIB

97 Operator Sekolah Ikuti Bimtek Dapodik

BOGOR, kabar1.com – Sebanyak 97 tenaga operator sekolah tingkatan SD dari Kecamatan Bogor Timur dan Kecamatan Bogor Barat, mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek), Data Pokok Pendidikan Dasar (Dapodikdas), di salah satu penginapan kawasan Puncak, Cisarua, Kabupaten Bogor, Jum’at (14/09/2018) petang.

Kegiatan itu dibuka Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kota Bogor, Fahrudin, dihadiri Ketua Kelompok Kerja Kepala Sekolah Dasar (K3SD) Kota Bogor, Taufan Hermawan, Ketua K3SD Bogor, Timur, Dede M Ilyas, Ketua K3SD Bogor Barat, Dedi, dan Ketua K3SD Bogor Selatan, H. Subadri.

Baca juga :  Rektor Unhan Selenggarakan acara Pujawali IV dan Doa bersama untuk keselamatan pengungsi Gunung Agung Bali

Pada kesempatan itu, Fahrudin menyambut baik kegiatan itu sebagai upaya memaksimalkan pendataan di lingkungan sekolah. Karena, tujuannya untuk memperoleh data yang akurat khususnya siswa, guru, sarana dan prasarana sekolah. “Dengan Bimtek ini mereka akan lebih profesional. Karena, data yang ada di sekolah mereka semua yang bertanggungjawab,” ujarnya.

Terkait banyaknya operator sekolah yang belum memiliki penghasilan tetap namun mempunyai peran yang vital terhadap data sekolah, Fahrudin akan mencari solusi dan akan memperhatikan gaji para operator sekolah. “Meskipun mereka statusnya sukarela tapi tanggungjawabnya besar, maka inilah kewajiban kami selaku pemerintah daerah untuk memperhatikan mereka, dan juga bagaimana nanti agar dipatenkan karena ini mengenai data penting, jangan sampai operatornya selalu terganti,” pungkasnya.

Baca juga :  Berita Kampanye, Jangan Hoax!

Sementara itu, Kasubag Perencanaan Program Disdik Kota Bogor, Jajang Koswara, menjelaskan, bahwa pada intinya, Bimtek ini dibutuhkan pemahaman yang sama terhadap aplikasi yang digunakan dalam pendataan. “Jadi dalam Bimtek ini, nantinya operator sekolah mempunyai pemahaman yang sama terhadap aplikasi Dapodik, kalau mereka mempunyai pemahaman yang sama maka akan lebih memudahkan datanya masuk hingga 100 persen,” jelas Jajang.

Baca juga :  Hj. Suyarsih, SDN Bangka 3 Harus Lebih Maju Lagi

Jajang yang juga panitia pelaksana mengingatkan, kegiatan yang dilaksanakan sehari ini akan menyajikan beberapa materi. Di antaranya,
aplikasi Dapodikdasmen, manajemen Dapodikdasmen, berifikasi dan validasi Dapodikdasmen, kebijakan pendataan tahun 2018, Datamart, program penjamin mutu aplikasi penjamin mutu, SIM aneka tunjangan SIM DAK SIM BOS serta evaluasi kegiatan rencana tindak lanjut.

Hosting Unlimited Indonesia
Hosting Unlimited Indonesia

Share :

BERITA TERKAIT

Pendidikan

YASARINI BERSAMA LANUD ATS GELAR PROGRAM AMSO 2017

Pendidikan

Juara LSS, 9 Sekolah Diberi Uang Pembinaan

Pendidikan

Bima Arya Tutup Kemah Kebangsaan

Pendidikan

Pelajar Kota Bogor Sumbang Korban Lombok