50 Utusan PKBM Ikuti Pelatihan Akreditasi

BOGOR-kabar1.com-Sebanyak 50 orang dari lembaga Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) yang ada di Kota Bogor, mengikuti pelatihan akreditasi delapan standar pendidikan nasional, selama dua hari, Jum’at hingga Sabtu, (23-24/11/2018), di salah satu hotel, Jalan Bina Marga, Kelurahan Baranangsiang, Kecamatan Bogor Timur.

Pelatihan yang bertujuan, untuk memfasilitasi satuan pendidikan PKBM agar mendapatkan sosialisasi akreditasi dan bimbingan lembaga dalam memenuhi delapan standar serta bisa terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional (BAN) ini, dibuka Kepala Bidang (Kabid) PAUD Dikmas, DInas Pendidikan Kota Bogor, Uju Juwono.

Kepala Seksi (Kasi) Kesetaraan, Muji Asih Lestari, yang juga selaku penanggungjawab kegiatan menjelaskan, pelatihan ini dilaksanakan dalam rangka upaya untuk menstandarkan satuan pendidikan dengan standar yang sudah baku.

Artinya, membandingkan antara apa yang ada di satuan pendidikan dengan instrumen akreditasi yang sudah standarisasi secara nasional, meliputi delapan standar pendidikan.

Sedangkan narasumber dalam kegiatan ini, lanjut Muji, dari asesor Kota Sukabumi, Kabupaten Bekasi, Kabupaten Bogor dan asesor dari Kota Bogor. “Mudah-mudahan, dalam pelatihan ini, para peserta dapat memahami tentang tujuan dan manfaat akreditasi itu sendiri, yakni sebagai wahana peningkatan mutu pendidikan nonformal. Selain itu, peserta temotivasi yang bersifat integratif kepada pengelola PKBM. Sehingga terdorong untuk mengajukan dan mendaftarkan lembaganya untuk dinilai kelayakannya,” papar Muji. URI

Pos terkait