Digerebek : Gudang miras di Jalan Raya Jakarta Bogor, Kelurahan Pabuaran, Kecamatan Cibinong digerebek petugas gabungan. kabar1.com

BOGOR, kabar1.com – Sebanyak 5.107 botol minuman keras berhasil diamankan Satuan Kepolisian Resor (Polres) Bogor dalam razia gabungan yang dilakukan bersama TNI, Satpol PP dan Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor, pekan lalu.

Kapolres Bogor, AKBP Andy Moch Dicky mengatakan, razia skala besar ini bertujuan untuk mencegah tindak kejahatan dan korban tewas akibat minuman keras oplosan yang telah terjadi di beberapa daerah seperti di Bandung dan Sukabumi beberapa waktu lalu.

“Selain ribuan miras, kita juga amankan 58 ciu dalam jerigen dengan ukuran 30 liter,” kata Dicky.

Baca juga  Nah... Makanya Taati Aturan, Jadi Aja Digembok !

Menurut Dicky, kejahatan penjualan miras ini juga dilakukan oleh apra pedagangnya. Dimana gudang miras atau warung berkamuflase sebagai toko kelontong untuk mengelabui petugas. “Salah satunya yang berada di Jalan Raya Bogor, Kelurahan Pabuaran. Dimana mereka menyimpan ribuan miras di dalam kardus dan dibungkus plastik berwarna hitam,” tutur Dicky.

Menurut Dicky, Polres Bogor melakukan razia miras ini sejak tanggal 5 April 2018. Dimana jumlah miras yang berhasil diamankan sampai saat ini sebanyak 10.654 botol minuman keras berbagai jenis beserta 212 jerigen tuak dan 869 liter ciu dalam kemasan plastik.

Baca juga  Sembilan Pengedar Narkoba dan Obat Keras Diciduk Polisi

“Tindak kejahatan harus terus ditekan dan di minimalisir. Dan miras adalah satu penyebab dimana tindakan kejahatan itu timbul dan terjadi,” tegas Dicky.

Dicky mengaku razia ini juga merupakan upaya Polres Bogor untuk menetrasilir peredaran miras menjelang Bulan Suci Ramadhan. “Kita lakukan operasi miras ini di seluruh Polsek yang ada di wilayah hukuk Polres Bogor. Kita akan lebih massif melakukan ini,” tutur Dicky.

Baca juga  Petugas Gabungan Razia Kendaraan Gunakan Rotator dan Strobo

Selain Miras, Dicky mengungkapkan peredaran narkoba di kalangan pemuda di Kabupaten Bogor pun cukup mengkhawatirkan. Bersamaan dengan instansi terkait, Polres Bogor juga melakukan sosialisasi kepada masyarakat di desa-desa yang ada, terntang bahaya narkoba dan miras oplosan.

“Satuan reserse narkoba Polres Bogor juga melakukan upaya memasukkan materi tentang bahaya narkoba dan miras dalam kurikulum pendidikan siswa di Kabupaten Bogor. Dan kita berkomitmen penuh melakukan pemberantasan itu,” tandasnya.FUZ