22 September, Sembilan Kades Berhenti

  • Whatsapp

BOGOR, kabar1.com – Sembilan kepala desa dipastikan akan dan harus berhenti dari jabatannya pada H-1 penetapan Calon Daftar Tetap (DCT) calon legislatif 2019 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bogor tanggal 22 September 2018. Kesembilannya diketahui telah mendaftarkan diri maju dalam pileg di tahun yang akan datang.

Penetapan DCT sendiri akan dilaksanakan pada tanggal 23 September 2018. Komisioner KPU Kabupaten Bogor, Ummi Wahyuni menegaskan, jika surat keputusan (SK) tak diterima pihaknya maka kades yang maju di pileg 2019 akan digugurkan.

Bacaan Lainnya

“Ya, paling telat SK diterima H-1 sebelum penetapan DCT. Kalau tidak maka (pencalonan) mereka akan gugur,” tegas Ummi dihubungi wartawan, Kamis (6/9/2018).

Sembilan kades tersebut diantaranya Kepala Desa Kiarasari, Kecamatan Sukajaya, Nurodin (PKB Dapil 5). Kepala Desa Cihideung Udik, Kecamatan Ciampea, Juhdi Saepudin (PDIP Dapil 4). Kepala Desa Buanajaya, Kecamatan Tanjungsari, Ishak (PDIP Dapil 2).

Selanjutnya Kepala Desa Cimulang, Kecamatan Rancabungur, Zaenuri (Gerindra Dapil 6). Kepala Desa Sukamakmur, Kecamatan Sukamakmur, Muhamad Ansori Setiawan (Gerindra Dapil 2). Kepala Desa Cibening, Kecamatan Pamijahan, Wahyu Irawan (Golkar Dapil 4).

Lalu, Kepala Desa Curug, Kecamatan Jasinga, Agus Awaludin (Golkar Dapil 5) dan Kepala Desa Purasari, Kecamatan Leuwiliang, Anwarudin (PPP Dapil 5). Kesembilannya sudah ditetapkan sebagai daftar calon sementara (DCS) sebagai calon legislatif di KPU. “Sampai sekarang belum ada yang serahkan SK nya,” tutur Ummi.

Sementara, Komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bogor, Burhanudin mengatakan, SK pemberhentian dari kepala desa yang maju di pileg  adalah syarat mutlak yang harus dipenuhi.

Apalagi, jabatan kades termasuk jabatan yang strategis yang tidak menutupkemungkinan bisa disalahgunakan untuk berkampanye. “Sebelum penetapan DCT harus ada surat pemberhentian definitif. Kita lakukan komunikasi intensif¬† dengan KPU,” katanya.

Hosting Unlimited Indonesia
Hosting Unlimited Indonesia