Home / Pemerintahan

Selasa, 1 September 2020 - 18:58 WIB

13 Desa di Kabupaten Bogor Diperiksa BPK

BOGOR – 13 pemerintahan Desa (Pemdes) di dua Kecamatan, yakni Nanggung dan Cigudeg, diperiksa langsung Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia (RI), Selasa (1/9/2020).

Pemdes ini diperiksa terkait Bantuan Langsung Tunai – Dana Desa (BLT- DD)  tahun angaran 2020. Hal ini dibenarkan Camat Cugedeg Pardi, yang menuturkan, 6 desa di wilayahnya menjadi uji sampling pada pemeriksan BPK tersebut.

“Pemeriksan ini, melibatkan pihak KemenDes dan fokusnya ada di desa makanya mereka mengambil sampling dari sekian desa yang ada di Kabupaten Bogor termasuk di Cigudeg,” kata Pardi.

Lebih lanjut, dikatakan Pardi lagi, ada 6 desa yang menjadi sampling pada sampling BPK antara lain Desa Sukamaju, Argapura, Cigudeg, Banyuresmi. “Kemudian Cintamanik dan Desa Banyuwangi,” paparnya.

Menurutnya, semuanya data data yang diperlukan sudah dipersiapkan mudah mudahan tidak ada yang bermasalah. “Karena memang maksud dan tujuan BPK itu di samping pemeriksaan sebetulnya ada unsur pembinannya juga,” ringkas Pardi.

Baca juga :  Bupati Bogor 'Plesir' ke Eropa, Uchok : Jelaskan ke Publik!

Adapun adanya temuan di wilayahnya, beber Pardi, pihaknya mendukung rekomendasi pihak BPK. “Ya, mendukung kalau memang  rekomendasi rekomendasi  BPK yang harus ditindaklanjuti. Tentunya kami belum bisa mengarah kesana, maka itu hasil evaluasi ini nanti akan disampaikan pada Pemerintah Kabupaten Bogor,” tegasnyaa.

Camat Cigudeg yang baru menjabat dua minggu ini juga menyebutkan, pemeriksaan yang dilakukan pihak BPK merupakan pemeriksan awal sehingga ketika adanya kekurangan dari pihak desa tentu bisa memperbaiki dari segi dokumen administrasi maupun dari pelaksanaannya.

“Namanya, pemeriksaan tentunya mereka ingin mendapatkan informasi atau peristiwa yang ada di lapangan,  misalnya, peraktek di lapangan min atau plus itu semua kedepan menjadi bahan evaluasi. Perbaikan kedepan jadi unsur pembinannya tetap di lakukan,” imbuhnya.

Baca juga :  Masuk Kawasan Binaan Antam, Tiga Jembatan Warga Mengkhawatirkan

Hal serupa dikatakan, Camat Nanggung, Ae Saepuloh. Menurutnya, dari 11Desa 7 Desa menjadi sampling pemeriksaan BPK, adalah Desa Malasari, Curugbitung, Cisarua, Pangkaljaya, Bantarkaret, Parakanmuncang berikut Desa Kalongliud.

Ae memaparkan, sejak pagi para kepala desa beserta stafnya datang ke kantor kecamatan dengan membawa perlengkapan dokumen yang diperlukan bahan pada pemeriksaan  pendahuluan BPK.

“Tidak semua desa diperiksa oleh BPK karena institusi itu hanya mengambil sampling sebagian hanya 7 desa. Hari  ini beberapa desa di periksa BPK berkaitan dengan Dana Desa covid-19 khususnya BLT-DD,” papar Ae.

Ia berharap Kecamatan Nanggung  aturan pelaksananya tidak keluar dari aturan Kemendes dan surat edaran dari Bupati. “Dari 7 desa yang menjadi uji sampling  secara administrasi akan terbina serta realisasi di lapangan bisa sesuai  dengan aturan yang berlaku,” sebutnya.

Baca juga :  Disdukcapil Kabupaten Bogor Butuh 500 Ribu Blangko e-KTP

Dikesempatan itu, Kordinator Kabupaten Bogor pada Program Pembangunan Masyarakat Desa
(P3MD), Dadan Syarip Mutoan menjelaskan, pemeriksaan ini merupakan rangkaian program agenda BPK terhadap 8 Kecamatan di Kabupaten Bogor.

“Ada 4 Kabupaten yang jadi sampling,  salah satunya kabupaten Bogor di 8 Kecamatan yang masuk pemeriksaan sampling, hari ini Nanggung dan Cigudeg. Besok Tenjo dan Jasinga kemarin Tanjungsari, Cariu, Sukamakmur termasuk Kecamatan Megamendung. Sebaran tersebut awalnya acuannya sebaran covid 19 yang menjadi dasar jadi semua sempel Konsentrasi di zona hijau,” jelas Dadan.

Nanti, menurut Dadan, hasil sampling tersebut di tindak lanjut oleh kementrian Desa. “Hal ini hasil kordinasi RKPD. Inspektorat Kabupaten, Provinsi kemudiam DPMD Kabupaten termasuk BPKnya Sendiri.” tutupnya. GUS/NZI*

Hosting Unlimited Indonesia
Hosting Unlimited Indonesia

Share :

BERITA TERKAIT

Daerah

Jika Terbukti Cemari Sungai, Izin Perusahaan Ini Bakal Dicabut

Daerah

Pemkot Tangsel Perbaiki Sembilan Turap

Pemerintahan

Pemkot Banjar Gelar Pilkades Serentak 2018

Pemerintahan

PKBM Sempurna, Raih Juara 2 Lomba Tutor Paket C